cara beli domain dan hosting

Part 1 : Cara Beli Domain dan Hosting Untuk Website

Diposting pada

Irtekno.com – Sebelumnya kita sudah membahas tentang perkenalan tentang website dan apa saja persiapan dalam membuat website. Nah, kita kali ini akan masuk ke materi pertama yaitu Cara Beli Domain dan Hosting.

Tidak hanya itu saya juga akan membahas tentang bagaimana cara memilih domain yang bagus dan berkualitas. Sebaiknya kamu membacanya sampai habis materi ini sangat penting untuk kalian yang pemula dalam membuat website.

Nah, jika kamu belum membaca artikel tentang perkenalan, persiapan, dan materi apa saja yang diperlukan untuk membuat website. Silakan kamu baca artikel berikut ini : Beginilah 13 Cara Membuat Website Dari Nol dengan Mudah.

Apa itu Hosting dan Domain?

Kita telah menjelaskannya di artikel sebelumnya terkait hosting dan domain. Namun pada artikel ini kita juga akan memberikan sedikit gambaran lainnya agar mudah di pahami.

Hosting adalah tempat penyimpanan seluruh data website yang telah kita buat seperti gambar, vidio, artikel, dan elemen lainnya. Dengan adanya hosting inilah kita bisa membuat website dan menyimpan data di hosting tersebut.

Hosting bisa kamu beli di tempat penyedia hosting seperti Rumahweb, Dewa Web, Domainesia, dan masih banyak lagi. Kedepannya kita akan membahas cara beli domain dan hosting melalui proveder tersebut.

Lalu bagaimana dengan domain? Domain adalah Uniform Resource Locator (URL) yang digunakan sebagai alamat sebuat website. Nah, Domain inilah yang digunakan sebagai brand dari website kamu.

Domain terdiri dari tiga macah jenis yaitu Top Level Domain (TLD), Second Level Domain (SDL), dan Third Level Domain (3LD). Ketiganya memiliki kelebihan dan ke kurangannya sendiri.

Jika kamu ingin mengenali lebih jauh tentang domain, silakan kamu baca artikel berikut ini : Apa itu Domain? Kenali, Domain Adalah Hal Penting!

Apa Perbedaan Domain dan Hosting?

Sebelum kita mengikuti cara beli domain dan hosting, sebaiknya kita mengenali dulu perbedaan keduanya. Jangan sampai salah beli dan salah cara penggunaannya, kamu juga yang bakalan rugi nanti.

Jadi apa perbedaan antara domain dan hosting? Untuk menjawabnya saya coba ilustrasikan hosting sebagai rumah dengan halaman dan isi perabotan dan sebagainya. Kemudian Domain saya ilustrasikan sebagai Alamat jalan menuju rumah tadi.

Bagaimana sudah terlihat perbedaannya? Nah, bisa dikatakan bahwa hosting adalah induk dari sebuah website, sedangkan domain hanyalah sebuah alamat untuk menuju website.

Domain yang kamu punya tidak akan sama dengan orang lain di seluruh dunia. Jadi pastikan kamu menggunakan domain yang unik sehingga tampil berbeda dengan orang lain.

Cara Memilih Nama Domain yang Efektif

Perlu diketahui juga, domain ini adalah alamat yang bakalan menjadi brand dari website kamu. Sebaiknya perhatikan baik-baik pembahasan ini, agar kamu tidak salah dalam memilih nama domain.

1. Mudah Diingat

Gunakan nama domain yang mudah untuk diingat, jangan pernah menambah angka atau ejaan yang susah dibaca. Pengguna internet akan menyukai domain dengan nama yang unik, seperti Jalantikus, Kumparan, Kompas, Detik, dan lain-lain.

Jangan pernah kamu menggunakan nama yang panjang, dengan nama domain pendek akan tampil lebih elegan.

2. Terbaru

Saya pernah bilang sebelumnya bahwa alamat domain hanya bisa digunakan oleh satu orang saja. Namun itu hanya berlaku sampai jadwal sewa domain habis dan tidak di perpanjang lagi.

Nah, kamu harus pastikan bahwa domain kamu benar-benar baru dan hanya kamu saja yang mempunyai ide tersebut. Jika tidak, maka domain kamu bisa saja memiliki riwayat yang buruk.

Namun dibalik itu ada juga keuntungannya, jika riwayat domain bagus, maka kamu tidak perlu susah payah membangun domain authority (DA). Jika kamu belum cukup mahir dalam hal itu sebaiknya kamu gunakan domain terbaru dan memulai membuat website dari nol.

3. Sesuai dengan Niche Website

Selanjutnya tidak kalah penting adalah domain yang kamu buat sesuai dengan isi konten dari website. Sebagi contoh adalah website “Irtekno” pada saat kamu membaca nama website saja kamu pasti tahu bahwa web saya membahas tentang masalah teknologi.

Begitu juga dengan domain yang akan kamu gunakan, buat nama domain sesuai dengan Niche. Jika kamu membahas tentang makanan maka buatlah nama domain yang berkaitan dengan makanan contohnya seperti cookpad.com, sajiansedap.com, resepkoki.co, dan lain-lain.

Apakah bisa menggunakan domain dengan nama sendiri? Tidak salah, cuma untuk membangun sebuah brand akan sangat sulit jika menggunakan nama sendiri. Ada banyak bloger yang sukses dengan menggunakan namanya seperti mastimon, masugeng, dan lain-lain.

Nah, bagaimana sudah ada bayangan di kepala kalian mau menentukan nama domain. Jika ada silakan komentar di bawah ya, mungkin saya bisa memberikan masukan.

Cara Beli Domain dan Hosting dengan Mudah

Sebenarnya cara membeli domain dan hosting hampir sama, maka dari itu saya akan memberikan tutorial keduanya dalam satu materi. Kalau saya buat satu-satu saya takut kamu akan bingung.

Ada beberapa penyedia cloud hosting di Indonesia seperti Rumahweb, Domainesia, Niagahoster, Dewaweb, Hostinger, dan lain-lain. Jadi, sebelum membeli hosting sebaiknya kamu cek dulu harga, spesifikasi, promo dan lain-lain sebelum membeli.

Setiap penyedia cloud hosting mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Silakan cek dulu semuanya kalau menurutmu sudah cocok baru beli hostingnya.

Jadi saya disini akan memilih satu penyedia cloud hosting yaitu Rumahweb, kamu boleh mengikutinya. Namun jika kamu ingin memilih provider lain juga tidak masalah. Silakan kamu ikuti tahap cara pembelian di penyedia hosting.

Setiap hosting mempunyai metode pembelian dan pembayaran sendiri, sebaiknya kamu baca dulu bagaimana cara beli domain dan hosting di tempat yang kamu pilih.

Langsung saja kita lanjutkan pembahasan kita tentang cara beli domain dan hosting di Rumahweb. Berikut ini selengkapnya!

  • Langkah 1 – Cara beli domain dan hosting pertama sekali adalah masuk ke situs Rumahweb Indonesia di URL (https://www.rumahweb.com/) Kemudian tentukan nama domain yang ingin kamu gunakan di area Pencarian Domain.
Cara beli domain dan hosting
Cara beli domain dan hosting
  • Langkah 2 – Setelah mencari domain, maka kamu akan melihat beberapa domain yang tersedia. Jika domain berwarna merah kecoklatan dengan tulisan “Not Available” itu artinya domain tersebut sudah digunakan oleh orang lain.
  • Kamu hanya bisa membeli domain yang berwarna hijau yang belum digunakan oleh orang lain. Nah, kemudian kamu bisa memperhatikan label harga di samping domain, itu adalah harga pembelian domain.
  • Saya akan membeli satu yang masih tersedia dengan nama “Sayursegar” memiliki domain “.Net”. Silakan centang pada domain tersebut kemudian klik Lanjutkan.
  • Untuk pilihan “Privacy Protection and Managed Contact” ini optinal. Harganya Rp.10.000,/tahun saya sarankan silakan tambah saja, harganya saja cukup murah. Tapi kalau tidak mau juga tidak masalah kok.
Cara beli domain dan hosting
Cara beli domain dan hosting
  • Langkah 3 – Selanjutnya kamu akan dibawa ke “Beli Hosting Sekalian?” silakan kamu klik “Ya! Saya mau hosting juga”. Maka akan muncul pilihan hosting dan harga per bulan.
  • Pada pilihan Kategori silakan pilih paket yang ingin kamu beli. Pada saat saya membeli hosting ini ada promo potongan harga dari Rp.50.000,/bulan menjadi Rp.17.900,/bulan. Kemungkinan bisa berbeda saat promo ini berakhir.
  • Pada pilihan Paket saya memilih Small, ada beberapa pilihan paket yang memiliki harga berbeda dengan spesifikasi masing-masing. Kamu bisa melihat spesifikasi di bawah daftar harga.
  • Kemudian untuk Periode Billing adalah berapa lama kamu ingin membeli hosting tersebut. Saya sarankan memilih 12 bulan atau satu tahun. Biasanya pada promo kamu mendapatkan domain gratis untuk pembelian 1 tahun.
  • Untuk lokasi server biarkan saja, kemudian untuk Daily Backup kamu pilih Tidak Perlu.
Cara beli domain dan hosting
Cara beli domain dan hosting
  • Langkah 4 – Setelah itu silakan scroll ke bawah hingga ke tahap selanjutnya “Informasi Akun dan Billing”. Jika kamu belum mempunyai akun member Rumah web silakan daftar terlebih dahulu.
  • Kamu bisa mendaftar melalui facebook, twitter, google, atau melalui email. Namun jika sudah mempunyai akun silakan login terlebih dahulu.
Cara beli domain dan hosting
Cara beli domain dan hosting
  • Langkah 5 – Setelah login, kamu akan di minta untuk memilih metode pembayaran. Saya akan melakukan pembayaran melalui Transfer Bank, dan memilih Bank Mandiri.
  • Jangan lupa untuk memilih Vertual Account atau Transfer Rekening. Saya akan memilih transfer rekening.
Cara beli domain dan hosting
Cara beli domain dan hosting
  • Langkah 6 – Silakan scroll ke bawah pada tahap terakhir “Review Keranjang Belanja Anda”. Kamu bisa melihat detail harga mulai dari domain, hosting, dan PPN 10%.
  • Pada pembelian hosting dan domain saya berjumlah Rp.417,780,-. Untuk melanjutkan silakan centang untuk menyetujui. Kemudian klik Check Out.
Cara beli domain dan hosting
Cara beli domain dan hosting
  • Langkah 7 – Setelah itu kamu akan menerima email dari Rumahweb Indonesia, Silakan bayar terlebih dahulu di bank yang kamu pilih tadi. Silakan masukkan nomor invoice yang kirim ke email pada saat pembayaran.
  • Setelah selesai melakukan pembayaran, buka kembali email kamu dan klik Konfirmasi. Konfirmasi bisa di lakukan dengan dua cara, pertama dengan klik link konfirmasi yang telah di kirim. Kedua, dengan layanan SMS.

Nah, begitulah cara beli domain dan hosting di Rumahweb, Jika ada yang tidak kamu mengerti silakan tanyakan di komentar ya guys.

Cukup sekian dulu pembehasan kita tentang cara beli domain dan hosting. Tahap ini baru awal mula kita membuat website, setelah kamu selesai pada bagian ini silakan lanjut ke Part 2 : Cara instal wordpress di Hosting Rumah Web.

Penutup

Begitulah pembahasan kita tentang cara membuat website dari nol Part 1 tentang cara beli domain dan hosting. Kita akan bertemu lagi diartikel berikutnya yaitu cara instal wordpress. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Terimakasih sudah berkenan membaca artikel saya, jika ada kesalahan dalam penyampaian informasi harap di komentar pada bagian bawah ini.

Irtekno.com adalah sebuah website yang menyajikan informasi seputar teknologi tentang Informasi Smartphone, Review, Game, Film, dan Tips manarik lainnya.