cara membuat website dari nol
cara membuat website dari nol

Beginilah 13 Cara Membuat Website Dari Nol dengan Mudah

Diposting pada

Irtekno.com – Siapa yang mau buat website tapi tidak tahu caranya? Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat website dari nol. Saya akan menjelaskan secara detail agar kamu bisa memahami dengan jelas.

Dunia digitas semakin meningkat bahkan banyak yang menggunakan internet sebagai media untuk mencari uang. Tidak hanya itu, banyak juga para pembisnis menggunakan internet sebagai ladang bisnisnya.

Salah satu contohnya adalah website, membuat website kebanyakan orang berpikir harus menguasai coding Html, CSS, atau Javascript. Kamu salah besar, semua orang saat ini bisa membuat website walaupun tidak mengerti tentang itu semua.

Percaya atau tidak saya sendiri tidak pernah belajar ataupun memahami tentang coding. Saya hanyalah seorang lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan jurusan Pendidikan Ekonomi di Universitas Syiah Kuala di Provinsi Aceh.

Namun, seperti yang kalian lihat saya berhasil membuat website walaupun belum sepenuhnya sempurna. Belajar adalah kunci dari setiap masalah, jika kamu ingin menguasai tentang website, ya, kamu harus belajar untuk memahaminya.

Saya sendiri tidak mau bila hanya saya yang bisa mengusai hal ini. Jiwa keguruan saya bergejolak jika hal ini belum saya ajarkan kepada kalian.

Kali ini saya akan mengajarkan cara membuat website dari nol, mulai dari persiapan dan langkah-langkah pembuatanya.

Saya akan membagi beberapa artikel untuk tahapan pembuatan website. Saya sendiri juga tidak tau berapa artikel yang bisa diselesaikan. Sebelum saya selesai membuat semua silakan ikuti saja artikel yang ada saat ini.

Sebelum kita berlanjut lebih jauh, setidaknya kamu harus menguasai beberapa istilah yang sering digunakan dalam website.

Istilah-Istilah Dalam Website

Kenapa saya ingin memberitahukan istilah ini kepada kalian terlebih dahulu. Jawabannya adalah kita akan belajar cara membuat website dari nol. Sehinga pada saat saya mengajar nanti istilah ini akan sering muncul.

Jadi, pastikan kamu mengingat istilah ini agar kamu mudah memahami pembahasan yang dimaksud.

1. Hosting

Hosting adalah ruang penyimpanan yang disewa untuk menyimpan seluruh data website yang dibuat. Hosting disewa biasanya selama satu bulan, satu tahun, atau lebih.

2. Domain

Domain adalah alamat dari website yang akan kita buat. Jika diibaratkan Hosting adalah sebagai rumah maka Domain ini adalah alamat rumah kita. Jadi kalau seseorang ingin mengunjungi website kita, maka alamat domain inilah yang mereka gunakan.

Contohnya alamat domain website saya adalah irtekno.com. Jika kamu ketik domain saya di google atau langsung di address bar maka kamu akan langsung melihat isi dari website saya.

Dari mana kita bisa mendapatkan domain? Nah, sama dengan hosting, kita juga harus membeli domain. Gimana cara membelinya? Saya akan memberikan materi khusus tentang cara membeli domain dan hosting.

3. CPanel

Cpanel adalah website hosting control panel yag sering diistilahkan didunia. Dalam artian lain kamu bisa mengontrol data website dalam hosting dengan cara masuk ke dalam Cpanel.

4. Dashboard

Dashboard adalah area akses admin yang mana kita bisa mengelola website seperti membuat artikel, melihat komentar, mengubah tema, dan lain-lain. Dasboard ini hanya bisa diakses oleh kamu sebagai admin yang mengetahui username dan pasword.

Saya rasa cukup dulu istilah ini, sebenarnya sangat banyak sekali istilah dalam website. Jika kamu ingin mengetahui semuanya silakan lihat pada artikel berikut ini : Istilah Umum Dalam Blogging.

Cara Membuat Website Dari Nol dengan Mudah

Saya anggap saja kamu sudah mengetahui tantang istilah yang sering saya gunakan dalam materi ini. Jika ada kata-kata yang asing silakan cari tahu sendiri ya, jangan lupa terus belajar hal-hal baru.

Dalam membuat artikel cara membuat website dari nol ini sangat melelahkan. Saya benar-benar harus mengatur kata-kata agar kamu bisa paham dalam sekali baca.

Saya juga akan terus berusaha untuk menanggapi komentar kalian jika ada masalah yang berbeda dengan materi yang disampaikan.

Nah, pada tahap ini saya akan membagi materi ke dalam beberapa bagian, karena kemungkinan tidak akan siap hanya pada artikel ini saja. Berikut ini adalah materi yang akan kita pelajari untuk membuat website.

  1. Perkenalan dan Persiapan Untuk Membuat Website (Saat ini)
  2. Part 1 : Cara Beli Domain dan Hosting Untuk Website
  3. Part 2 : Cara Install WordPress di Hosting cPanel
  4. Part 3 : Cara Optimasi Website WordPress Agar Berjalan dengan Lancar
  5. Perkenalan Menu-menu WordPress
  6. Cara Ganti Tema WordPress
  7. Cara Instal Plugins yang Dibutuhkan
  8. Cara Membuat Halaman Website
  9. Cara Membuat Kategori Website
  10. Cara Membuat Menu Bar
  11. Cara Membuat Artikel Pertama
  12. Cara Optimasi Artikel agar SEO Friendly
  13. Cara Membuat Website Tampil di Google
  14. BONUS! Cara mengetahui kelayakan website untuk Google Adsense

Nah, itulah materi cara membuat website dari nol, kita akan kupas tuntas hingga kamu bisa layak diterima oleh Google adsense.

Pada artikel ini kita hanya membahas perkenalan dan persiapan untuk membuat sebuah website. Untuk materi lain, saya akan membuat artikel khusus yang bisa kamu akses melalui artikel ini.

Jadi, apa saja yang perlu kamu siapkan dalam mengikuti materi cara membuat website dari nol? Sabar dulu guys, sebelum itu kita akan perkenalan dulu apa itu website dan apa sih manfaatnya?

Apa itu Website?

cara membuat website dari nol
cara membuat website dari nol

Website adalah kumpulan halaman yang bisa diakses melalui internet yang bertujuan untuk menyampaikan informasi. Website bisa diakses melalui aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozila Firefox, UC Browser, dan lain-lain.

Contohnya adalah situs website irtekno yang bisa kamu akses melalui URL https://irtekno.com/. Kamu akan melihat halaman utama dari website saya. Menu yang ada dalam website tersebut merupakan halaman lain yang berisi informasi yang berbeda.

Manfaat Website

cara membuat website dari nol
cara membuat website dari nol

Banyak yang merasakan manfaat dari sebuat website, salah satunya adalah berpenghasilan. Manfaat ini juga bisa kamu rasakan, apalagi kamu seorang pembisnis. Ubah cara bisnismu dari offline menjadi online agar jangkauan pembeli lebih luas.

Selain berpenghasilan, kamu juga akan membuat brand atau merek dari bisnismu terkenal. Coba lihat website yang paling terkenal di Indonesia seperti Toko Pedia, Lazada, Shopee, dan lain-lain.

Mereka bisa dikenal di seluruh pelosok Indonesia hanya menggunakan website. Kamu juga bisa seperti mereka segera ikuti tutorial tentang cara membuat website dari nol secara gratis.

Beberapa Hal yang Perlu Disiapkan Untuk Membuat Website

Nah, kali ini kita akan fokus pada materi pertama yaitu persiapan untuk membuat website. Hal yang akan saya sebutkan dibawah ini wajib kamu sediakan.

Cara membuat website dari nol dimulai, simak baik-baik materi kali ini ya guys.

1. Laptop

cara membuat website dari nol
cara membuat website dari nol

Laptop merupakan hal yang pertama kamu siapkan. Bukannya melalui android juga bisa bang? Sebenarnya bukan bisa atau tidak, tapi dengan menggunakan laptop akan lebih mudah dibandingkan smartphone.

Menu-menu yang tampil lebih besar jadi kamu akan leluasa pada saat optimasi website. Namun, jika kamu belum mempunyai laptop jangan berkecil hati. Kamu tetap bisa kok mengikuti tutorial ini.

Tapi pada saat saya menjelaskan dengan gambar saya menggunakan tampilan laptop. Kamu tinggal sesuaikan saja dengan HP yang digunakan.

2. Membeli Hosting

cara membuat website dari nol
cara membuat website dari nol

Saya sudah menjelaskan itu apa hosting, jadi untuk membuat website kamu wajib untuk membeli hosting. Untuk cara pembelian hosting kamu bisa melihat artikel selanjutnya.

Kenapa wajib membeli hosting? Jika pertanyaan ini muncul dikepalamu. Saya akan menjawab bahwa hosting itu inti dari website kamu.

Dalam kata lain hosting bisa diibaratkan sebagai memori penyimpanan seperti hardisk, flesdisk, atau memori internal yang ada di HP kamu. Bedanya adalah hosting bisa diakses dengan internet.

Penyedia hosting di Indonesia ada banyak sekali seperti Rumahweb, Domainesia, Niagahoster, IDwebhost, dan lain-lain. Kita juga akan menggunakan jasa mereka saat membuat website nantinya.

Saya rasa kamu sudah mengeti tentang Hosting. Jika kamu masih juga belum mengerti silakan berkomentar dibawah ini ya!

3. Membeli Domain

cara membuat website dari nol
cara membuat website dari nol

Selain hosting, kamu juga memerlukan domain sebagai alamat website. Ini lah yang paling penting. Sebaiknya dari sekarang memikirkan nama domain yang paling sesuai dengan konten yang kamu buat.

Domain ini akan terus kamu gunakan sebagai identitas website, jadi harap menggunakan domain yang unik dan keren. Untuk tahap pembelian domain akan kita bahas pada artikel lainnya.

Cara membuat website dari nol akan dimulai dari pembelian hosting dan domain. Silakan kamu persiapkan modal untuk membeli keduanya.

Biasanya harga domain “.com” sekitar Rp. 130.000,-/Tahun sedangkan Hosting kisaran Rp. 300.000,-/Tahun. Khusus untuk hosting kamu bisa membeli per bulan, tapi saya tidak sarankan.

Jika kamu ingin serius untuk mengikuti tutorial ini harus berani mengambil resiko yang akan terjadi kedepan. Saya berharap kamu tetap konsisten membuat konten pada saat website sudah jadi.

4. Tekat Konsisten Sampai Sukses

Saya ingin kamu berhasil membuat website dengan tekat yang kuat dan konsisten sampai kamu benar-benar sukses. Pada saat kamu selesai mengikuti tutorial ini dan mengembangkan website mu sendiri.

Kamu harus tetap konsisten membuat konten yang berkualitas. Saya sudah merasakan hal ini, pada saat membuat website, pertama saya begitu semangat.

Namun pada membuat konten saya sedikit kualahan, karena pertamanya kita tidak mendapatkan apa-apa. Untuk terus konsisten tanpa dibayar itu sangat susah tapi saya tidak mau kalian mengikuti jejak saya.

Kunci sukses dari website adalah konsisten. Saya berharap kamu benar-benar bisa konsisten dan saya percaya kamu akan berhasil di kemudian hari. Amin.

Nah, itulah yang perlu kamu persiapkan untuk mengikuti tutorial cara membuat website dari nol.

Penutup

Begitulah pembahasan kita tentang cara membuat website dari nol? Kita akan bertemu lagi diartikel berikutnya yaitu cara membeli hosting dan domain. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

BACA JUGA :

Terimakasih sudah berkenan membaca artikel saya, jika ada kesalahan dalam penyampaian informasi harap di komentar pada bagian bawah ini.

Irtekno.com adalah sebuah website yang menyajikan informasi seputar teknologi tentang Informasi Smartphone, Review, Game, Film, dan Tips manarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *