cara mengetahui komputer terkena virus windows 10
Cara mengetahui komputer terkena virus windows 10

Cara Mengetahui Komputer Terkena Virus Windows 10

Diposting pada

Cara mengetahui komputer terkena virus windows 10, tetap awasi masalah ini dan jangan anggap sepele. Berikut adalah ciri-cirinya.

Kita semua tahu virus komputer dan jenis malware lainnya dapat menyebabkan masalah mulai dari yang menjengkelkan hingga bencana besar.

Beberapa malware mereplikasi dirinya sendiri sampai mengisi semua ruang yang tersedia di hard drive kamu, mengubah komputer kamu menjadi tidak berguna.

Jenis lain merusak data di mesin kamu atau membuat komputer kamu tidak stabil. Beberapa bahkan akan mencoba menggunakan program email kamu untuk mendistribusikan kode berbahaya ke semua orang di daftar kontak kamu.

Baca Juga : Cara Membersihkan Drive C di Windows 7

Tidak ada yang mau memiliki komputer yang terinfeksi virus. Itulah mengapa sangat penting untuk mempraktikkan kebiasaan komputasi yang aman dan menginstal perangkat lunak anti-virus yang andal.

Kamu dapat menghindari sebagian besar malware hanya dengan memperhatikan dan menjauh dari beberapa jebakan umum. Jika perangkat lunak anti-virus kamu mutakhir, kamu seharusnya dalam kondisi yang cukup baik.

Tapi sesekali, virus komputer melampaui pertahanan kita. Mungkin software anti-virus kamu sudah usang atau telah disusupi oleh sedikit kode yang sangat pintar.

Mungkin kamu mengklik tautan secara tidak sengaja dan mengaktifkan virus. Atau orang lain menggunakan komputer kamu dan mengunduh beberapa software virus secara tidak sengaja.

Bagaimana kamu tahu jika komputer terkena virus komputer? Jika software anti-virus kuat, kamu kemungkinan besar akan menerima pesan saat aplikasi memindai komputer.

Itu membuat mendeteksi virus menjadi mudah. Tetapi bagaimana jika software kamu kedaluwarsa atau virus telah berhasil menonaktifkan program anti-virus?

Apakah ada cara mengetahui komputer terkena virus windows 10 yang dapat kamu waspadai yang mungkin mengindikasikan virus?

Faktanya, ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan adanya malware di komputer kamu.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Windows 10

Cara Mengetahui Komputer Terkena Virus Windows 10

cara mengetahui ada virus di laptop windows 10

Dengan asumsi anti-virus belum memberi tahu kamu tentang adanya virus, berikut beberapa indikator software perusak di komputer :

Jika komputer kamu menjadi tidak stabil, itu pertanda ada yang tidak beres. Beberapa malware mengacaukan file penting yang membuat komputer kamu berjalan dengan baik.

Itu bisa menyebabkan komputer kamu macet. Jika komputer macet ketika mencoba menjalankan aplikasi tertentu atau membuka file tertentu, itu memberi tahu bahwa ada sesuatu yang merusak data. Bisa jadi itu malware.

Apakah komputer kamu tampak berjalan lebih lambat dari biasanya? Ini bisa jadi akibat dari malware karena kode berbahaya mulai menguras sumber daya pemrosesan komputer.

Jika kamu tidak menjalankan aplikasi dengan banyak sumber daya tetapi komputer sangat lambat, mungkin itu terserang virus komputer.

Pesan aneh yang menunjukkan bahwa kamu tidak dapat mengakses drive tertentu di komputer adalah tanda lain bahwa ada sesuatu yang salah.

Dengan nada yang sama, aplikasi yang tidak dapat berjalan atau file yang tidak dapat dibuka mungkin juga disebabkan oleh infeksi.

Indikator lain termasuk perangkat keras (seperti printer) yang tidak lagi merespons perintah. Meskipun tidak satupun dari ini menjamin keberadaan virus, mereka menunjukkan bahwa ada yang salah dengan mesin kamu.

Jika kamu memperhatikan bahwa ukuran file berfluktuasi meskipun kamu tidak mengakses file tersebut, itu adalah tanda lain dari virus komputer.

Dan akhirnya, jika mengakses menu dan tampilannya aneh atau terdistorsi, kamu bisa menjadi korban serangan malware.

Penting untuk diingat bahwa virus komputer adalah salah satu penyebab potensial masalah seperti yang telah kami sebutkan di sini, tetapi itu bukan satu-satunya penyebab.

Baca Juga : Icon Wifi Tidak Muncul di Laptop

Bagaimana Melindungi Komputer dari Virus

cara menghilangkan virus di laptop windows 10

Kamu dapat melindungi diri kamu dari virus dengan beberapa langkah sederhana:

Jika kamu menggunakan sistem operasi yang tidak aman, menginstal software perlindungan virus adalah perlindungan yang bagus. Banyak opsi anti-virus tersedia secara online gratis.

Jika kamu menghindari program dari sumber yang tidak dikenal (seperti Internet), dan tetap menggunakan software komersial yang dibeli dalam CD, kamu menghilangkan hampir semua risiko dari virus yang ada.

Kamu harus memastikan bahwa Perlindungan Virus Makro diaktifkan di semua aplikasi Microsoft, dan kamu TIDAK PERNAH menjalankan makro dalam dokumen kecuali kamu tahu fungsinya.

Jarang ada alasan bagus untuk menambahkan makro ke dokumen, jadi menghindari semua makro adalah kebijakan yang bagus.

Kamu tidak boleh mengklik dua kali pada lampiran email orang kirim yang berisi file yang dapat dieksekusi. Lampiran yang masuk sebagai file Word (.DOC), spreadsheet (.XLS), gambar (.GIF), dll., Adalah file data dan tidak dapat merusak (perhatikan masalah virus makro di dokumen Word dan Excel).

Namun, beberapa virus sekarang dapat masuk melalui lampiran file grafik .JPG. File dengan ekstensi seperti EXE, COM atau VBS dapat dieksekusi, dan file yang dapat dieksekusi dapat melakukan segala jenis kerusakan yang diinginkannya.

Baca Juga : Cara Memunculkan IDM di Chrome

Setelah kamu menjalankannya, kamu telah memberinya izin untuk melakukan apa pun di komputer kamu. Satu-satunya pertahanan : Jangan pernah menjalankan file executable yang datang melalui email.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, kamu tetap bebas dari virus komputer.

Irtekno.com adalah sebuah website yang menyajikan informasi seputar teknologi tentang Informasi Smartphone, Review, Game, Film, dan Tips manarik lainnya.