Cara Restart Laptop Acer

Cara Restart Laptop acer
Cara Restart Laptop acer

Cara restart laptop acer ke pengaturan pabrik akan membuat laptop kamu bisa lebih fresh dan menjadi stabil kembali, lalu bagaimana cara melakukannya? Simak ulasan berikut ini.

Laptop adalah bagian penting dari kehidupan modern dan dengan membeli satu kita biasanya berkomitmen untuk mendukung dan merawatnya.

Namun, mungkin ada saatnya ketika kita perlu mengembalikan laptop ke pengaturan pabrik untuk menghilangkan virus dan bug yang menumpuk di laptop kita selama penggunaan sehari-hari.

Selain itu, reset pabrik juga berguna untuk mempersiapkan komputer untuk dijual kembali atau digunakan kembali, karena menghapus informasi pribadi yang ada di perangkat.

Bacaan Lainnya

Bagaimana cara restart laptop acer ke pengaturan pabrik? Ada berbagai metode untuk melakukan ini, tetapi MedCPU akan membahas metode terbaik untuk mengatur ulang pabrik laptop Acer.

Cara Restart Laptop Acer Windows 10 dengan Alt + F10

Ini akan memungkinkan kamu untuk mengatur ulang pabrik laptop Acer tanpa perlu masuk ke Windows 10. Ini adalah cara restart laptop acer untuk mengatur ulang pabrik laptop Acer tanpa harus mengakses Windows 10.

  • Hal pertama kamu harus matikan laptop Acer.
  • Selanjutnya tahan tombol Alt + F10 sambil menekan tombol Power. Ini akan menghidupkan laptop kamu. Setelah beberapa saat, laptop Acer Anda akan boot ke layar Choose an Option.
  • Lalu silakan kamu pilih Troubleshoot > Reset this PC > Remove everything.
cara recovery windows 10
Cara Restart Laptop acer
  • Kemudian pilih Delete My Files atau Fully Clean Your Drive, tergantung pada kebutuhan Anda.
  • Silakan kamu ikuti petunjuk di layar dan klik Reset untuk memulai proses reset pabrik. Jangan matikan laptop Acer pada saat proses berjalan.
  • Lalu sekarang, kamu bisa bersantai sambil menunggu proses reset pabrik selesai.
  • Laptop Acer akan reboot beberapa kali dan kemudian menginstal ulang Windows 10. Ikuti petunjuk di layar untuk mengatur laptop Acer kamu.

Begitulah cara restart laptop acer dengan mudah hanya dengan menggunakan ALT + F10. Hati-hati dengan terhapus semua datanya, sebaiknya backup data terlebih dahulu sebelum mengikuti cara diatas.

Mengapa Alt+F10 Tidak Berfungsi?

Acer Alt+F10 tidak akan berfungsi jika laptop sudah terinstal sistem operasi. Alt + F10 tidak akan berfungsi jika KAMU telah menghapus atau memformat partisi recovery.

Tombol pintas akan berhenti berfungsi jika kamu menginstal ulang Windows. Tombol pintas bergantung pada drive. Tombol pintas tidak akan berfungsi jika drive dihapus setelah pengguna menginstal ulang sistem mereka.

Perubahan yang dilakukan pada partisi boot atau partisi sistem akan memengaruhi ukuran partisi dan jenis partisi. Perubahan kecil ini akan mencegah Acer Alt + F10 bekerja.

Dalam keadaan tertentu, kamu mungkin dapat masuk ke antarmuka recovery. Namun, software pemulihan internal akan meminta kamu dengan kesalahan recovery Acer. Drive C atau ukuran partisi pemulihan telah dimodifikasi, yang dapat memengaruhi proses pemulihan.

Cara Restart Laptop Acer Menggunakan Acer Care Center

Cara Selanjutnya adalah dengan menggunakan Acer Care Center di laptop kamu untuk melakukan factory reset. Dengan Acer Care Center, kamu dapat membuat cadangan file sistem, serta memulihkan pengaturan dan driver jaringan.

Jadi, coba periksa apakah kamu telah menginstal Acer Care Center di laptop dan kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikannya ke pengaturan pabrik:

  • Pada laptop Acer kamu, silakan buka kotak pencarian dan ketik “Recovery”. Dari kemungkinan opsi yang muncul, pilih “Acer Recovery Management”.
  • Pilih “Recovery Management”. Kamu akan dibawa ke Acer Care Center di mana Anda harus memilih “Get Started”, opsi yang memungkinkan kamu untuk “Reset your PC”.
  • Putuskan untuk “Remove everything” bahkan saat Anda memutuskan untuk tidak membaca apa yang dimaksud dengan keputusan ini.
  • Silakan pilih salah satu tergantung pada apa yang kamu butuhkan untuk laptop Anda, pilih opsi “Remove files and clean the drive” atau pilih “Just remove my files”.
  • Ketuk tombol “Reset” di bagian bawah.
  • Sekarang ikuti instruksi yang muncul di layar sampai kamu menyelesaikan reset.

PENTING : Cara reset laptop acer disini katanya sudah membackup data secara otomatis, namun untuk mengurangi resiko kehilangan data silakan lakukan backup data secara manual.

Kapan Reset Ulang Laptop Anda ke Pabrik?

Mungkin sulit untuk mengetahui kapan harus mengatur ulang pengaturan pabrik laptop Anda. Terkadang reset pabrik akan menyelesaikan masalah yang kamu alami, atau itu akan menjadi salah satu dari banyak langkah yang perlu diambil untuk memperbaiki masalah.

Ketika ada masalah besar dengan laptop, mungkin sudah waktunya untuk mengembalikannya untuk ditukar. kamu harus mengatur ulang ke pengaturan pabrik laptop sebelum Anda menjualnya. kamu juga perlu mengatur ulang ke pengaturan pabrik apabila kamu telah mengubah hard drive atau motherboard.

Kamu harus mengatur ulang pabrik laptop Anda jika Anda telah mengubah memori atau prosesor. Ini akan memungkinkan laptop untuk memulai kembali dan mencegah kesalahan di masa mendatang.

Penutup

Begitulah beberapa cara restart laptop acer ke pengaturan pabrik, sehingga dengan melakukan ini dapat mengembalikan semua masalah pada laptop kamu.

Mohon sebelum melakukan reset ini untuk membackup data kamu terlebih dahulu secara manual untuk menguragi resiko kehilangan data.

Terimakasih sudah mengunjungi kami pada artikel hari ini, semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu dalah menyelesaikan masalah.