Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11 Tanpa Install Ulang

Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11 Tanpa Install Ulang
Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11 Tanpa Install Ulang

Cara upgrade windows 10 ke windows 11 tanpa install ulang bisa kamu lakukan dengan mudah, silakan ikuti beberapa langkah dibawah ini.

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru yang dirilis oleh Microsoft. Saat ini, banyak pengguna Windows 10 yang ingin meng-upgrade sistem operasi mereka ke Windows 11.

Namun, banyak yang khawatir bahwa mereka harus melakukan install ulang Windows 10 terlebih dahulu sebelum bisa meng-upgrade ke Windows 11.

Namun, sebenarnya ada cara upgrade Windows 10 ke Windows 11 tanpa install ulang. Artikel ini akan membahas cara upgrade ke Windows 11.

Baca Juga : Cara Drag and Drop di Windows 11

Persyaratan sistem minimum untuk upgrade ke Windows 11

Sebelum kita membahas cara upgrade, ada beberapa persyaratan sistem minimum yang harus dipenuhi untuk bisa meng-upgrade ke Windows 11. Persyaratan tersebut adalah:

  • Komputer dengan prosesor 64-bit
  • Kapasitas hard drive minimal 64 GB
  • RAM minimal 4 GB
  • Kartu grafis yang mendukung DirectX 12 atau di atasnya

Pastikan bahwa komputer Anda memenuhi persyaratan ini sebelum mencoba cara upgrade windows 10 ke windows 11 tanpa install ulang.

Menyiapkan PC untuk Upgrade ke Windows 11

Sebelum melakukan upgrade, Anda harus memastikan bahwa data penting di komputer sudah di-backup terlebih dahulu.

Baca Juga :  Cara Merekam Layar PC Windows 7

Hal ini karena ada kemungkinan data dapat hilang atau rusak selama proses upgrade. Selain itu, pastikan bahwa semua driver sudah di-update dan Windows 10 sudah di-update terbaru.

Untuk memeriksa persyaratan sistem, Anda bisa menggunakan aplikasi PC Health Check yang dapat di-download dari situs resmi Microsoft.

Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11 Tanpa Install Ulang

Setelah semua persyaratan dipenuhi dan PC sudah disiapkan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk meng-upgrade ke Windows 11 tanpa install ulang.

1. Download file ISO Windows 11 dari situs resmi Microsoft.

Pertama, Anda perlu mendownload file ISO Windows 11 dari situs resmi Microsoft. Pastikan Anda mendownload file ISO yang sesuai dengan bahasa dan versi Windows 10 yang Anda gunakan.

2. Mount file ISO ke virtual drive.

Setelah file ISO berhasil didownload, Anda harus me-mount file ISO tersebut ke virtual drive. Virtual drive adalah drive yang dibuat oleh komputer secara virtual, sehingga Anda bisa membuka file ISO seperti membuka file pada drive biasa.

3. Jalankan setup.exe di dalam file ISO.

Setelah file ISO di-mount ke virtual drive, Anda bisa membuka file ISO tersebut dan menjalankan file setup.exe yang ada di dalamnya.

4. Pilih opsi “Upgrade this PC now”.

Setelah menjalankan file setup.exe, pilih opsi “Upgrade this PC now”. Jangan pilih opsi “Custom Install” karena opsi ini akan meng-install Windows 11 secara bersih dan akan menghapus semua data di hard drive.

5. Ikuti petunjuk pada layar.

Setelah memilih opsi “Upgrade this PC now”, ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses upgrade ke Windows 11.

Penutup

Cara upgrade windows 10 ke windows 11 tanpa install ulang sebenarnya mudah dilakukan. Namun, pastikan bahwa persyaratan sistem minimum sudah terpenuhi dan data sudah di-backup terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade.

Baca Juga :  Cara Mengganti Bahasa di Laptop Windows 10

Selain itu, pastikan juga bahwa semua driver sudah di-update dan Windows 10 sudah di-update terbaru.

Setelah itu, download file ISO Windows 11 dari situs resmi Microsoft, mount file ISO ke virtual drive, jalankan setup.exe di dalam file ISO, pilih opsi “Upgrade this PC now”, dan ikuti petunjuk pada layar.

Rekomendasi terakhir, pastikan untuk selalu melakukan backup data secara berkala untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.

Selain itu, pastikan juga untuk selalu meng-update driver dan sistem operasi secara teratur untuk menjaga kinerja dan keamanan PC.

Dengan mengikuti cara upgrade windows 10 ke windows 11 tanpa install ulang di atas, Anda bisa meng-upgrade ke Windows 11 tanpa harus install ulang.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin meng-upgrade sistem operasi ke Windows 11.

Begitulah beberapa langkah yang harus kamu lakukan, terimakasih sudah mengunjungi kami. Semoga dengan artikel ini bisa membantu kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *