fungsi menu dashboard pada wordpress
fungsi menu dashboard pada wordpress

Part 4 : Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress (Wajib Tahu)

Diposting pada

Irtekno.com – Navigasi atau menu yang ada pada dashboard WordPress merupakan kompenen kunci untuk mengatur website. Nah, kali ini kita akan mengenal fungsi menu dashboard pada wordpress.

Materi ini merupakan materi penting yang wajib kalian ketahui untuk pemula. Saya ingatkan kembali bahwa materi ini merupakan materi Part 4 cara membuat website dari nol.

Jika kalian belum membaca part sebelumnya, silakan membacanya pada artikel berikut ini.

Untuk mengatur layout dan membuat desain website yang bagus tentunya kamu perlu mengetahui fungsi menu dashboard pada wordpress terlebih dahulu.

Untuk membuat postingan artikel, Halaman, Membuat Navigasi Website, Tema, Plugin, Pengaturan, dan lain-lain. Kita akan mengenal satu-satu menu dashboard wordpress melalui artikel ini.

Mengenali Fungsi Menu Dashboard pada WordPress

Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress
Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress

Ada banyak sekali tombol menu di samping kiri Dashboard wordpress. Seiring waktu berjalan website kamu akan terus berkembang maka menu-menu tersebut akan bertambah karena sebab menambah plugin atau fungsi lainnya.

Kamu tidak harus paham dengan cepat, namun kamu akan paham disaat kamu sering menggunakan wordpress ini. Jadi, pelan-pelan saja saat mempelajarinya silakan utak-atik sendiri semua menu yang ada di Dashboard agar kamu mengetahui fungsinya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi menu dashboard pada wordpress, simak selengkapnya berikut ini.

1. Menu Dashboard/Admin

Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress
Fungsi Menu Dasbor

Fungsi menu dasboard pada wordpress adalah Menu admin yang pertama sekali muncul saat masuk ke dalam mode admin. Dalam area ini kamu bisa melihat semua halaman administrasi wordpress.

Pada area ini kamu bisa melihat jumlah postingan, Halaman, Komentar, Plugin aktif, serta pembaharuan baru. Pada menu Dasbor ini bisa dikatakan sebagai jalan pintas untuk semua menu lainnya.

Khusus pada sub menu Dasbor yaitu Pembaharuan, dalam menu ini hanya ada notifikasi pembaruan seperti plugin, tema, atau wordpress sehingga kamu bisa mengupdate semua melalui menu tersebut.

2. Menu Pos

Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress
Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress

Ada banyak fungsi pada menu Pos ini seperti melihat semua postingan, membuat postingan baru, membuat kategori, maupun tag. Nah kita akan menjelaskan perlahan-lahan agar kamu bisa paham dengan mudah.

Kamu bisa melihat menu Pos jika diklik maka akan secara defauld kamu melihat semua hasil postingan selama ini. Misalnya kamu belum mempunyai postingan maka halaman ini akan kosong.

Untuk menambah postingan baru kamu bisa klik Tambah Baru maka kamu akan di bawa ke halaman edit artikel. Untuk cara membuat artikel kita akan membuat materi khusus secara mendalam.

Kembali ke Menu Pos, dibawah tombol tambah baru ada beberapa opsi Seperti Semua Pos, Telah Terbit, Draf, Sampah, dan Konten Pilar.

  • Opsi Semua Pos

Untuk opsi Semua Pos berfungsi untuk melihat keseluruhan artikel yang telah kamu buat baik itu sudah di terbitkan atau masih dalam proses pembuatan (Draf).

  • Opsi Telah Terbit dan Draf

Untuk Opsi Telah Terbit merupakan tombol khusus untuk melihat semua artikel yang telah di rilis atau diterbitkan. Sedangkan opsi Draf berfungsi untuk menampilkan postingan yang belum selesai.

  • Opsi Sampah

Kemudian selanjutnya adalah opsi sampah berfungsi sebagai tempat sampah yang menampung semua postingan yang di hapus sehingga jika diperlukan bisa dikembalikan lagi atau bisa dihapus secara permanen.

  • Opsi Konten Pilar

Konten pilar ini berfungsi untuk menandai artikel atau postingan yang memiliki pengunjung terbanyak. Dengan kata lain konten pilar ini mampu mendatangkan visitor yang banyak setiap harinya.

Kategori

Pada menu Pos terdapat sub menu Kategori, fungsi kategori sangatlah berguna. Kebanyak para pengguna wordpress menggunakannya untuk membuat Menu Navigasi.

Saya juga menggunakan Kategori sebagai menu navigasi, pada saat membuat artikel kita bisa menambahkan kategori pada postingan tersebut sehingga website terlihat rapi dan artikel tidak acak-acakan.

Tag

Tag hampir sama dengan kategori, namun bedanya adalah Tag memiliki sifat yang lebih khusus. Contohnya saya membuat artikel tentang “Tips membuat tampilan wordpress lebih bagus“.

Maka untuk kategorinya, saya bisa menambahkan kedalam kategori Tips atau Belajar Website Namun untuk tag saya membuat lebih khusus seperti “Tampilan Website” Sehingga yang berkaitan dengan tampilan website akan terkumpul semuanya dalam satu Tag.

3. Media

Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress
Fungsi Menu Media

Fungsi menu dashboard pada wordpress selanjutnya adalah Menu media yang berfungsi untuk menyimpan semua media seperti foto, video, maupun dokumen.

Dengan menu ini kamu bisa mengatur semua media seperti menghapus foto, mengubah piksel, mengubah ukuran, dan lain-lain.

Namun sebaiknya kamu hati-hati saat menghapus data dari media karena akan berpengaruh kepada artikel. Misalnya salah satu foto di hapus dari media maka artikel yang menggunakan foto tersebut akan error, keadaan ini tidak bagus untuk website anda.

4. Menu Page/Laman

Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress
Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress

Menu halaman berfungsi untuk membuat halaman statis atau halaman tunggal. Halaman tidak bisa ditampilkan ke dalam kategori atau tag. Halaman ini berdiri sendiri biasanya orang menggunakan sebagai halaman depan.

Namun kebanyakan orang membuat halaman ini khusus seperti Menu About Me, Contact, Kebijakan, dan lain-lain. Halaman ini sangat berguna sebagai informasi umum.

Halaman beda dengan post, halaman itu berdiri sendiri sedangkan post bisa menjadi beberapa kategori atau tag. Nanti kita akan belajar cara membuat halaman bagus untuk menu About Me, Contact, dan lain-lain.

5. Menu Komentar

Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress
Fungsi Menu Komentar

Fungsi menu dashboard pada wordpress selanjutnya adalah Menu Komentar yang berfungsi untuk melihat semua komentar yang terjadi di artikel kita.

Biasanya komentar tidak langsung muncul dalam artikel secara publik, kita perlu menyetujui komentar atau menganggap komentar itu sebagai Spam. Kamu bebas menentukan apakah komentar tersebut layak untuk ditampilkan di website.

6. Menu Tampilan

Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress
Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress

Menu ini mengatur layout website seperti memilih tema, menyesuaikan tema, membuat menu navigasi, serta membuat widget di website.

Kemungkinan pada saat pertama kali membuat website menu inilah yang akan kamu sentuh pertama kali. Pada menu ini secara defauld terbagi menjadi lima bagian, akan bertambah mengikuti fungsinya.

Bagian I : Tema

Pada bagian ini kamu bisa memilih tema yang sesuai dengan website kamu. Silakan kamu klik tambah baru untuk memilih tema yang kamu inginkan.

Namun tetap selalu ingat seperti yang saya bahas pada pembahasan sebelumnya bahwa tema akan mempengaruhi performa website kamu. Jadi, pastikan kamu menggunakan tema yang cepat dan responsif.

Bagian II : Sesuaikan

Fungsi menu dashboard pada wordpress di menu Tampilan Bagian kedua yaitu Sub Menu Sesuaikan. Sub menu ini berfungsi untuk menyesuaikan layout tema yang kamu gunakan.

Dalam menu ini kita bisa menambahkan logo di bagian header, menambah favicon, mengubah latar belakang, mengubah fond dan lain-lain. Untuk setiap tema yang di gunakan itu berbeda-beda kamu bisa mengatur sesuka kamu namun tetap harus terlihat menarik dan sederhana.

Bagian III : Widget

Pada bagian widget ini berfungsi sebagai layout tambahan seperti sitebar dan footer. Layout yang ditambah biasanya Postingan baru, Postingan Populer, dan Halaman Facebook pada bagian sitebar.

Adapun pada bagian footer biasanya menambahkan Contact, Profil, arsip, dan lain-lain. Widget ini akan terus tampil pada semua halaman, jadi sangat berguna untuk kemajuan website kamu.

Bagian IV : Menu

Fungsi menu dashboard pada wordpress di menu Tampilan bagian keempat yaitu Menu. Menu yang di maksud di sini adalah Menu Navigasi untuk website yang berfungsi sebagai penunjuk arah website.

Biasanya menu ini bisa dibuat berdasarkan kategori, Halaman, atau Membuat URL sendiri. Kita akan menjelaskan secara detail untuk membuat menu pada website yang telah kita buat sebelumnya.

Bagian V : Penyunting Tema

Penyunting tema berfungsi untuk mengatur atau mengubah skema yang ada. Kamu perlu hati-hati jika masuk ke dalam menu ini, karena jika terjadi kesalahan pada saat pengeditan maka website kamu tidak akan berfungsi.

Kemungkinan kita tidak akan sering ke tempat ini, palingan kita hanya akan memberikan kode tertentu disini dan keluar. Namun kamu tetap terus belajar mengenai menu ini di luar sana.

Misalnya kita ingin menambah sesuatu pada website kita namun tidak bisa langsung mengubah pada bagian menu Sesuaikan, maka kita perlu mengedit atau menambah kode pada bagian menu ini.

7. Menu Plugin

Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress
Fungsi Menu Plugin

Menu plugin menjadi kelebihan dari CMS WordPress. WordPress sendiri sangat didukung oleh banyak sekali developer yang ingin membantu mengembangkan website yang sedang kamu buat.

Menu plugin berfungsi untuk menambahkan kode atau script pendukung kemampuan wordpress. Ada banyak sekali plugin yang bisa kamu gunakan untuk membuat website tampil dengan bagus.

Namun penggunaan plugin yang banyak sangat tidak direkomendasikan sebab menggunakan plugin itu artinya kamu menambah beban dari kinerja website kamu.

Sama seperti pembahasan kita sebelumnya pada part 3 cara optimasi website untuk tidak menggunakan plugins terlalu banyak. Silakan baca dan pahami pembahasan tersebut.

8. Menu Pengguna

Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress
Fungsi Menu Pengguna

Fungsi menu dashboard pada wordpress selanjutnya adalah menu pengguna. Menu ini berfungsi untuk menambah anggota penulis atau admin dari website kamu.

Menu ini sangat bermanfaat jika kamu membuat satu tim untuk mengelola website. Kamu hanya perlu menambah email teman kamu dan temanmu bisa melihat dasboard yang sama.

Selain itu pada menu Pengguna ini kamu bisa mengatur profil kamu sebagai penulis. Sehingga akan tampil pada akhir artikel biasanya.

9. Menu Peralatan

Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress
Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress

Menu peralatan ini berfungsi untuk mengimpor atau mengekpor data dari website kamu. Contohnya kamu sudah membuat satu website dan ingin memindahkan website tersebut ke website yang sekarang menggunakan menu ini.

Biasanya pengguna menggunakan website ini untuk membackup seluruh data web yang diretas. Dengan begitu kamu bisa mengembalikan setidaknya 80% dari data website kamu.

Selain itu kamu juga bisa memeriksa kesehatan dari website, ada satu sub menu Kesehatan Situs pada menu ini kamu bisa melihat apakah ada kesalahan dari website.

10. Menu Pengaturan

Mengenal Fungsi Menu Dashboard pada WordPress
Fungsi Menu Pengaturan

Pada menu pengaturan ini tentunya berfungsi untuk megatur pengaturan wordpress. Pada menu pengaturan terdapat beberapa sub menu diantaranya adalah Umum, Menulis, Membaca, Diskusi, Media, Permalink, dan Privasy.

Semua sub menu ini bisa saja bertambah seiring kamu menambah plugin, maka kebanyakan pengaturan plugin akan berada pada menu pengaturan. Silakan di buka semua menu untuk mengetahui fungsinya.

Saya rasa tidak ada yang perlu di perjelas pada menu ini, jika kamu menggunakan bahasa inggris untuk dasboard bisa kamu ubah melalui menu pengaturan Umum Kemudian kamu lihat bagian language, lalu pilih bahasa indonesia.

Menurut saya jika kamu menggunakan bahasa Indonesia di Dashboard akan sangat mudah untuk dipahami.

Nah, begitulah penjelasan singkat tentang fungsi menu dashboard pada wordpress. Jika ada yang tidak dimengerti silakan komentar di bawah ini ya, guys!

Penutup

Begitulah pembahasan kita tentang cara membuat website dari nol Part 3 yaitu mengenal fungsi menu dashboard pada wordpress. Semua menu di atas adalah hanya menu defauld wordpress. Menu ini semakin kamu menambah fitur baru menunya juga akan bertambah.

Saya rasa pembahasannya cukup sampai disini. Kita akan bertemu lagi diartikel berikutnya yaitu Cara Ganti Tema WordPress.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Baca Juga Part Sebelumnya :

Terimakasih sudah berkenan membaca artikel saya, jika ada kesalahan dalam penyampaian informasi harap di komentar pada bagian bawah ini.

Irtekno.com adalah sebuah website yang menyajikan informasi seputar teknologi tentang Informasi Smartphone, Review, Game, Film, dan Tips manarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *