SD Card Tidak Bisa Diformat Write Protected

SD Card Tidak Bisa Diformat Write Protected

Diposting pada

Bagaimana cara mengatasi SD Card tidak bisa diformat write protected? Banyak orang mengalami kesulitan memformat karena write protected dan terus mencari perbaikan.

Write protected pada kartu SD pada awalnya adalah cara untuk melindungi file dari penghapusan yang tidak disengaja atau penghapusan disk.

Saat kamu perlu menulis atau memformat kartu SD atau kartu Micro SD yang di write protected, kamu akan mendapatkan pemberitahuan yang mengatakan “The disk is write protected” pada PC Windows, “Memory card locked” pada kamera, dan “read only” di Mac.

Tanda-tanda SD Card yang dilindungi dari write protected mudah dikenali. Kamu akan melihat ada sesuatu yang salah ketika kamu tidak dapat membuat perubahan apa pun pada perangkat yang Anda gunakan.

Kamu tidak akan dapat menambah, menghapus, atau mengubah informasi apa pun di SD Card. Hal ini bisa menjadi masalah jika kamu harus segera menggunakan kartu Memori kamu.

Jadi, di bawah ini temukan beberapa pemecahan masalah dan pelajari cara mengatasi sd card tidak bisa diformat write protected. Tetapi sebelum itu beri tahu kami penyebab kartu SD tidak dapat memformat masalah.

Baca Juga : Cara Cek Spesifikasi RAM Laptop

Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat Write Protected

1. Buka kunci kartu SD

Cara mengatasi sd card tidak bisa diformat write protected yang pertama adalah dengan membukan kunci yang terdapat pada SD Card standar.

Pada dasarnya, semua kartu standar SD memiliki sakelar yang dapat diubah ke atas dan ke bawah untuk mengaktifkan (atau menonaktifkan) write protected.

Oleh karena itu, ketika kartu SD dilindungi dari write protected, hal pertama yang harus diperiksa adalah posisi kunci tersebut.

  • Temukan sakelar Kunci pada kartu SD standar, atau temukan kunci kartu SD pada adaptor yang berisi kartu micro SD.
  • Geser sakelar Kunci ke atas ke posisi buka kunci (seperti gambar di bawah ini) untuk melepaskan write protected pada kartu SD.
  • Masukkan kembali kartu SD (atau adaptor SD yang diisi dengan kartu micro SD) ke perangkat. Maka kartu SD harus dibuka kuncinya.

Jika kartu SD atau kartu micro SD dilindungi dari write protected tetapi tidak dikunci, mungkin terjadi koneksi buruk yang mencegah kamu memformat kartu SD.

2. Bersihkan Kuningan SD Card

Cara mengatasi sd card tidak bisa diformat write protected selanjutnya adalah dengan membersihakan kuningan PIN yang terdapat pada kartu SD card kamu

Perhatikan baik-baik kartu SD atau kartu micro SD Anda. Logam kuningan yang seharusnya terhubung ke perangkat digital harus rata, bersih, dan kering.

Jika kontak kuningan kartu SD berdebu, berminyak, atau tertutup lapisan teroksidasi, mungkin akan “protected”.

Gunakan selembar kain lembut dan kering dan bersihkan konektor dengan lembut atau bersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan alkohol jika berminyak.

Kamu juga dapat menggunakan penghapus untuk menghilangkan lapisan atau noda yang teroksidasi.

Jika konektor logam tergores atau terkelupas, Anda harus mengganti kartu SD. Setelah memeriksa kunci dan konektor, Kamu masih menemukan kartu memori tidak dapat diformat? Coba solusi berikutnya.

Baca Juga : Tidak Bisa Mengatur Brightness Windows 7

3. Hapus Read Only Attributes

Cara mengatasi sd card tidak bisa diformat write protected selanjutnya adalah dengan menghapus Read Only Attributes dengan menggunakan CMD Administrator.

Dalam beberapa kasus, kartu SD dilindungi dari penulisan karena hanya izin baca yang diizinkan. Perlindungan penulisan digital semacam itu dapat dihapus menggunakan Diskpart pada Windows 10/8/7.

Jadi, jika kamu menggunakan PC, pastikan kamu menggunakan CMD sebagai administrator dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik logo Windows dan klik pada pencarian di sudut kiri bawah desktop Anda.
  • Ketik command prompt untuk mencari dan menjalankan command prompt sebagai administrator.
  • Ketik diskpart ke Command Prompt diikuti dengan menekan tombol Enter.
  • Setelah mengizinkannya untuk membuat perubahan, ketik list disk dan tekan Enter.
  • Temukan kartu SD kamu sesuai dengan informasi ukuran disk dan ingat nomor disknya.
  • Ketik select disk number 2 dan ganti “nomor” dengan nomor disk kartu SD kamu, lalu tekan Enter.
  • Ketik attributes disk clear readonly dan tekan Enter.

Kartu SD atau kartu micro SD kamu tidak akan dilindungi dari write protected setelah kamu melihat pesan Disk attributes cleared successfully di jendela CMD.

4. Hapus Virus atau Malware

Cara mengatasi sd card tidak bisa diformat write protected dengan metode selanjutnya untuk mengatasi sd card tidak bisa diformat write protected adalah memindai kartu untuk mencari malware atau virus.

Jika ada alasan mengapa kartu SD mungkin terinfeksi, kamu tidak akan dapat membuat perubahan apa pun padanya.

Aplikasi anti-virus dapat memindai kartu SD untuk mencari file yang mencurigakan, seperti virus, malware, spyware, atau software yang berbahaya. Ini adalah cara mudah untuk mendapatkan perbaikan yang dilindungi penulisan kartu micro SD.

Yang perlu kamu lakukan untuk memindai virus dengan mudah adalah mencolokkan kartu SD ke laptop. Selanjutnya, klik kanan padanya untuk menemukan opsi untuk memindai perangkat dari software anti virus yang sudah diinstal di perangkat kamu.

Baca Juga : Cara Menyambungkan Bluetooth Hp ke Laptop

Penutup

Nah, begitulah cara mengatasi sd card tidak bisa diformat write protected kamu bisa mencoba dari yang pertama hingga yang ke empat apabila belum berhasil.

Jika kamu tetap juga tidak berhasil silakan berikan komentar agar kami bisa melihat dimana ada kesalahan di SD Card kamu.

Terimakasih sudah mengunjungi artikel kami, semoga dengan artikel ini bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah.

Irtekno.com adalah sebuah website yang menyajikan informasi seputar teknologi tentang Informasi seputar Tips Mobile, PC, Media Sosial, Games, Internet dan Tips manarik lainnya.