Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy
Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy

Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy

Diposting pada

Cara agar pdf tidak bisa di copy bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa ribet sehingga file pdf kamu bisa aman dari tangan orang yang ingin mengambil tulisan kamu. Ikuti cara kami dibawah ini!

PDF juga dikenal sebagai format dokumen portabel, yang merupakan format dokumen yang paling mudah diakses dan banyak digunakan saat ini.

Orang-orang dari seluruh dunia mengakses catatan mereka dalam format PDF untuk mengelola dan berbagi konten seperti artikel, buletin, laporan, panduan, dll.

Disertai dengan banyak manfaat dan fitur lainnya, PDF adalah format dokumen efisien yang paling cocok untuk kantor, sekolah, dan karya pribadi lainnya.

Keamanan file sangat penting dalam kehidupan sehari-hari pengguna. Salah satu makna utama PDF adalah fitur perlindungan salinan untuk konten dan informasi.

Meskipun dengan kemungkinan dan peluang yang berkembang di ranah internet yang sangat maju, ada banyak plug-in dan alat pihak ketiga yang dapat menyediakan akses dan mengonversi dokumen rahasia yang ada dalam format PDF.

Di sisi lain, ada juga banyak cara agar pdf tidak bisa di copy atau akses tidak sah. Sebelum masuk ke detailnya, memahami jenis enkripsi untuk file PDF sangat penting untuk mengamankan dokumen PDF.

Jenis Enkripsi untuk File PDF

cara agar pdf tidak bisa di copy tanpa software

Enkripsi adalah proses melindungi data digital dengan aman menggunakan teknik seperti kata sandi dan pin “kunci”. Adobe Acrobat mengaktifkan fitur password protect PDF untuk informasi sensitif dan dokumen rahasia.

Enkripsi kata sandi tidak diragukan lagi merupakan cara terbaik untuk mengenkripsi dokumen PDF dan mencegah penyalinan dari PDF dan malpraktik lainnya. Dengan demikian, ada dua jenis enkripsi yang tersedia untuk dokumen PDF.

Baca Juga :  Cara Mengubah Foto Menjadi PDF di Hp

  • Kata sandi pengguna
  • Kata sandi Pemilik/Izin

Juga dikenal sebagai kata sandi izin PDF atau kata sandi master PDF, adalah jenis kata sandi yang ditujukan untuk membatasi fungsi tertentu seperti mencetak, mengomentari, mengedit, menyalin konten, mengekstrak halaman, dll., setelah ditetapkan pada PDF berkas oleh pemiliknya.

Jika pengguna eksternal ingin mengakses file, mereka akan diminta dengan kotak dialog untuk memasukkan kata sandi.

Menurut penelitian, melindungi PDF dengan kata sandi izin adalah pilihan terbaik untuk mengaktifkan pembatasan tertentu sesuai dengan preferensi seperti menonaktifkan fungsi penyalinan file PDF Anda, mencegah pencetakan, atau melindungi file PDF Anda dari akses yang tidak sah.

Fitur ‘perlindungan kata sandi PDF’ ini hanya tersedia pada versi berbayar Adobe Acrobat. Apalagi banyak orang tidak akan memilih untuk membeli dan menggunakan software karena mahal. Dan bagi orang-orang itu, ada alternatif lain untuk melindungi file PDF dengan aman.

Cara agar pdf tidak bisa di copy yaitu dengan memberikan password pada file PDF berikut penjelasan selengkapnya.

Kunci PDF Dengan Enkripsi

membuat proteksi file pdf

File PDF tidak dapat diedit secara otomatis dalam Microsoft Word. Namun, versi modern Microsoft Office akan mencoba mengonversi format PDF ke Word sehingga pengguna dapat membuat perubahan.

Meskipun bukan proses yang sempurna, ini adalah salah satu cara seseorang dapat mencoba membuat perubahan pada dokumen Anda.

Salah satu cara sederhana untuk memastikan lebih sedikit kekhawatiran tentang integritas dokumen adalah dengan menggunakan enkripsi berbasis kata sandi pada PDF.

Dengan kata sandi dan opsi enkripsi yang kuat (yang didukung oleh Power PDF termasuk AES-256), pengguna yang tidak sah bahkan tidak akan dapat membuka dokumen, apalagi mencoba membukanya di Word untuk membuat perubahan.

Baca Juga :  Contoh Kata Sandi 8 Karakter

Metode ini dapat diandalkan untuk mengamankan dokumen saat Anda mengonversi dari Word ke PDF juga.

Tidak perlu berlama lagi mari kita simak cara agar pdf tidak bisa di copy dibawah ini.

Cara Agar PDF Tidak bisa di Copy dengan Kunci PDF

Kata sandi ini melindungi PDF Anda dan mencegah individu mencetak atau menyalin file PDF Anda. Pengguna yang memiliki kata sandi terbuka bisa mendapatkan akses untuk melihat file.

Tetapi dia tidak akan dapat mengedit file, untuk ini, dia memerlukan kata sandi izin. Kata sandi ini mencegah pengguna mencetak atau menyalin bahkan setelah mereka membuka file PDF.

Langkah-langkah untuk menyetel kata sandi izin dibahas di bawah ini:

  1. Buka PDF Anda.
  2. Pergi ke tab menu Protect
  3. Klik Password
  4. Masukkan password yang kamu inginkan.
  5. Pilih menu dropdown lalu klik Printing allowed.
  6. Pilih None artinya untuk mencegah pencetakan.
  7. Pilih menu dropdown Changes Allowed.
  8. Pilih None berarti tingkat perlindungan tertinggi.
  9. Nonaktifkan Mengaktifkan penyalinan teks, gambar, dan konten lainnya. Ini akan melindungi PDF Anda dari penyalinan.
  10. Klik OK
cara mengunci pdf agar tidak bisa di copy tanpa software

Penutup

Nah, begitulah beberapa cara agar pdf tidak bisa di copy yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Silakan ikuti tutorial tersebut dan berikan komentar kamu dibawah ini.

Terimakasih sudah mau berkunjung di artikel kami, semoga dengan artikel ini bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah tersebut.

Irtekno.com adalah sebuah website yang menyajikan informasi seputar teknologi tentang Informasi seputar Tips Mobile, PC, Media Sosial, Games, Internet dan Tips manarik lainnya.