cara mengatasi laptop lemot
cara mengatasi laptop lemot

√ 6 Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Mengetahui Penyebabnya

Diposting pada

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Laptop menjadi alternatif pengganti komputer, laptop sekarang lebih banyak digunakan dibandingkan PC. Laptop memiliki bentuk yang lebih spesifik dan praktis.

Kamu bisa membawa kemana saja dan dimana pun dibutuhkan bisa langsung dibuka, tidak mungkin kan membawa komputer kemana-mana.

Walaupun begitu, layaknya barang elektronik lainnya laptop juga tidak terlepas dari berbagai permasalahan. Sering sekali yang terjadi adalah laptop menjadi sangat lelet sehingga sangat susah untk digunakan.

Tidak hanya laptop yang sudah lama digunakan terjadi masalah ini, tidak menutup kemungkinan laptop baru beli juga bisa mengalami hal serupa.

Kamu mau performa laptop kalian bisa ngebut kembali? Pada kesempatan ini saya akan membuat sebuah artikel yang sangat berguna untuk kalian yang mengalami masalah ini.

Baca Juga : Cara Memunculkan IDM di Chrome

Silakan simak ulasan berikut ini tentang cara mengatasi laptop lemot atau nge-lag. Perhatikan langkahnya baik-baik ya!

Penyebab Laptop Lemot Saat Digunakan

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi laptop lemot, baiknya kita bahas dulu penyebab terjadinya lag.

Kalau kita sudah mengetahui penyebabnya dulu baru bisa mengatasi dan memperbaiki masalah yang ada. Jika kita tidak tahu penyebabnya, bagaimana bisa kita memperbaikinya.

Simak baik-baik ya, lalu sesuaikan dengan masalah yang ada di laptop kamu.

1. Terlalu Banyak Startup program

Banyaknya program yang berjalan di latar belakang secara otomatis, biasanya pada saat menghidupkan laptop banyak program yang berjalan sendiri.

Program tersebut seperti antivirus, IDM, aplikasi chating, ccleaner, dan program lain yang kemungkinan tidak diperlukan oleh laptop kamu.

Semakin banyak software yang berjalan di latar belakang maka akan semakin lemot laptop yang kamu gunakan.

2. RAM Terlalu Kecil

Pada biasanya laptop dengan harga terbilang murah hanya diberi kapasitas RAM 2 Gb. Jika kamu tidak terlalu aktif menggunakan laptop ukuran ini masih bisa bertahan.

Tapi jika kamu yang selalu menggunakan laptop untuk kerja sebagai desainer atai video editing.

RAM 2 Gb terlalu kecil, Karena kekurangan kapasitas RAM kemungkinan faktor utama yang membuat laptop lelet.

3. Kapasitas Hardisk Penuh

Penggunaan semua kapasitas hardisk juga tidak bagus untuk kesehatan laptop. Kamu harus menghapus file yang tidak berguna di laptop, sehingga laptop bisa bernafas lega.

Walaupun kamu memiliki kapasitas RAM yang tinggi, jika penyimpanan terlalu penuh hingga merah akan membuat laptop kualahan untuk membaca data aplikasi yang akan dibuka.

Pakar juga mengatakan jika hardisk penuh hingga 95% akan membuat laptop lambat hingga 50%.

Baca Juga : 3 Cara Download Aplikasi di Laptop Windows 10 Untuk Pemula

4. Umur Hardisk

Umur dari penyimpanan hardisk juga menjadi salah satu faktor penyebab lambat merespon. Semakin tua usia HDD yang kamu gunakan maka akan semakin membuat laptop lelet.

5. Terserang Virus

Laptop yang banyak virus tentu saja akan memperhambat kinerja laptop. Walaupun kamu menggunakan anti virus banyak, jika sudah masuk ke dalam laptop itu sudah tidak harapan lagi.

6. Sofware Browser

Kamu pasti sering kali kan saat menggunakan browser maka kinerja laptop jadi menurun. Kemungkinan browser banyak menggunakan add-ons atau terlalu banyak tab yang dibuka.

Software browser memang banyak menggunakan RAM apalagi Google Chrome, apabila kamu menggunakannya harap jangan membuka banyak tab.

Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows 7, 8, dan 10

Setelah kita mengenal penyebabnya, maka baru saya akan kupas habis cara mengatasi laptop lemot khususnya pada windows 7, windows 8, maupun windows 10.

Setelah kamu cek penyebab laptop nge-lag dan mengetahui masalahnya, silahkan ikuti penjelasan selanjutnya. Perbaiki sesuai dengan masalah yang ada di laptop.

Langsung saja, berikut ini cara agar laptop tidak lemot selengkapnya.

1. Uninstall Software yang tidak dibutuhkan

cara agar laptop tidak lemot
Hapus Program Tidak Penting

Memiliki software yang banyak bukanlah hal bagus, kamu hanya memperlambat kinerja laptop saja. Biasanya ini terjadi di laptop baru beli, laptop terus disuap aplikasi baru.

Tidak peduli dengan laptop baru, jika kamu melakukan ini kamu akan merusak laptopmu sendiri. Maka hapus saja software yang memang kamu tidak perlukan.

Contoh yang banyak saya jumpai saat servis laptop pelanggan, mereka banyak sekali software di instal di laptopnya. Paling parah lagi bahkan ada aplikasi yang tidak pernah saya temui sebelumnya.

Cara mengatasi laptop lemot paling utama ini perlu kamu terapkan di laptop. Silahkan cek kembali aplikasi yang sudah kamu instal apakah diperlukan atau tidak.

Jika belum berhasil juga, kamu bisa mengikuti langkah selanjutnya dibawah ini.

Baca Juga : √ Cara Membuat Kop Surat di Word 2010 Untuk Pemula

2. Upgrade RAM

cara agar laptop tidak lemot
Tambah RAM

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah meng-upgrade kapasitas RAM. Cara ini banyak dilakukan kebanyakan orang, karena terbukti setelah menambah kapasitas RAM laptop lebih stabil.

Pada umumnya laptop yang tergolong murah biasanya hanya memiliki kapasitas RAM 2-4 Gb. Untuk zaman sekarang kebutuhan laptop biasanya di atas itu, setidaknya kamu membutuhkan kapasitas RAM 8 Gb.

Jika kamu mengerti tantang tipe dan kualitas RAM kamu bisa memangnya sendiri. Tapi bila kamu tidak mengerti, pergi saja ke tempat servis untuk meng-upgade RAM.

3. Mengganti HDD dengan SSD

cara mengatasi komputer lemot
Ganti HDD ke SSD

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah mengganti Hardisk dengan SSD. Namun sebelum melakukan itu, jika memang permasalahan ada di hardisk silahkan kamu defrag dulu untuk menyegarkan performa hardisk.

Kalau memang masih lelet juga, baru kamu bisa mengganti HDD baru atau mengganti dengan SSD yang mempunyai performa lebih cepat dari Hardisk.

Saya sangat menyarankan kamu menggunakan SSD dibantingkan dengan hardisk. SSD memiliki performa yang tinggi sehingga proses booting akan lebih cepat.

4. Perawatan Hardware

cara membuat laptop tidak lemot
Perawatan Hardware

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah melakukan perawatan rutin hardware. Laptop juga mempunyai mesin yang harus dirawat layaknya sepeda motor kalian.

Hal ini tidak sering diperhatikan oleh pengguna laptop. Setelah menggunakan jika sudah rusak baru sadar dan bawa ke tempat servis.

Padahal jika kamu sering melakukan perawatan laptop bisa bertahan lebih lama lagi. Setidaknya lakukanlah perawatan satu tahun sekali seperti debu dalam kipas, motherboard, dan mengganti thermal paste pada prosesor.

5. Menggunakan Antivirus

cara membuat laptop tidak lemot
Pakai Antivirus

Kemudian cara mengatasi laptop lemot lainnya adalah menggunakan antivirus. Kebiasaan penyebab lelet karena virus bersarang di laptop, tidak hanya itu malware juga akan membuat laptop kamu melambat.

Virus laptop akan membuat kinerja laptop kamu lebih keras, sehingga terasa lambat saat digunakan. Untuk mengatasinya kamu hanya perlu menggunakan software antivirus.

Banyak sekali antivirus yang bisa kamu gunakan, seperti Smadav, Bitdefender, Asset, dan lain-lain. Kamu juga harus rutin melakukan full scan minimal satu minggu sekali.

Baca Juga : √ 3 Cara Menghilangkan Password PDF dengan Mudah dan Cepat

6. Install Ulang Windows

cara mengatasi laptop lemot
Instal Ulang Windows

Jika cara diatas tidak mengubah apa-apa di laptop kamu, bisa jadi windows yang kamu gunakan rusak atau banyak sekali virus yang kuat.

Cara mengatasi laptop lemot seperti ini kamu bisa melakukan install ulang windows baru. Kenapa begitu? Karena dengan instal ulang maka windows kamu bisa normal kembali.

Banyak yang melakukan ini dan berhasil laptop mereka tidak lagi lemot. Kamu bisa juga instal windows sendiri laptop kamu hanya menggunakan flasdisk.

Baca juga : √ 3 Cara Mengaktifkan Windows Defender (100% Berhasil)

Penutup

Sangat mudah kan cara mengatasi laptop lemot? Kamu tidak perlu capek lagi menunggu lag.

Tunggu apa lagi silakan praktek langsung sendiri ya! Silahkan kunjungi artikel menarik lainnya di Irtekno.com.

Terimakasih sudah berkenan membaca artikel saya, jika ada kesalahan dalam penyampaian informasi harap di komentar pada bagian bawah ini.

Irtekno.com adalah sebuah website yang menyajikan informasi seputar teknologi tentang Informasi Smartphone, Review, Game, Film, dan Tips manarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *