Kapan Baterai iPhone Harus Diganti

Kapan Baterai iPhone Harus Diganti
Kapan Baterai iPhone Harus Diganti

Kapan baterai iPhone harus diganti? Silakan cek untuk periksa apakah baterai iPhone kamu perlu diganti atau tidak.

Ini adalah kebenaran yang diakui secara universal bahwa baterai iPhone pada akhirnya akan mulai kehilangan kemampuannya untuk menahan daya yang layak.

Jika baterai iPhone tidak bertahan lama, Anda tidak sendiri : semua baterai yang dapat diisi ulang menjadi kurang efisien dari waktu ke waktu dan sayangnya baterai untuk iPhone Anda tidak terkecuali.

Seiring bertambahnya usia baterai, baterai mungkin perlu diisi lebih sering, menahan daya dengan kurang baik, atau bahkan mulai mematikan ponsel secara tidak terduga.

Setelah baterai iPhone Anda melewati 500 titik pengisian penuh, mungkin sudah saatnya baterai diganti.

Sayangnya iOS tidak menunjukkan berapa kali baterai Anda saat ini telah diisi, tetapi ada beberapa cara lain untuk memeriksa kesehatan baterai Anda dan mencari tahu apakah kapan baterai iPhone harus diganti?.

Baca Juga : Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai iPhone Anda

Sebelum kita membahas kapan baterai iPhone harus diganti, silakan simak beberapa penjelasan tentang kesehatan baterai iPhone berikut ini.

Menurut survei, setidaknya sepertiga orang membeli ponsel baru saat masa pakai baterai berkurang. Baterai yang rusak berarti lebih sedikit jam penggunaan di antara pengisian daya.

Itu juga dapat menyebabkan masalah lain, seperti operasi yang tidak konsisten, pesan peringatan, dll.

Jadi, saat ponsel Anda rusak, jangan buru-buru membeli yang baru. Terkadang, penggantian baterai sudah cukup untuk membuat perangkat Anda berfungsi seperti baru (hampir).

Baca Juga :  Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis

Cara tercepat untuk mengetahui kapan harus mengganti baterai iPhone Anda adalah dengan memeriksa Settings > Battery > Battery Health.

battery health iphone yang normal
Kapan Baterai iPhone Harus Diganti

Layar Kesehatan Baterai mencakup dua indikator yaitu Kapasitas Maksimum dan Kemampuan Performa.

Kapasitas maksimum adalah ukuran kapasitas baterai iPhone relatif terhadap saat masih baru.

Pada ponsel baru, ini seharusnya membaca 100%, tetapi jika iPhone diaktifkan lama setelah keluar dari pabrik, kapasitas baterainya mungkin kurang dari 100%.

Baterai lithium-ion menua secara kimiawi meskipun belum digunakan. Apple mengklaim bahwa baterai tipikal dapat mempertahankan hingga 80% dari kapasitas aslinya dalam kondisi normal.

Jadi, ketika di bawah 80%, Anda mungkin mengalami gangguan, tapi bukan berarti Anda harus segera menggantinya.

Kemampuan kinerja puncak akan memberi tahu Anda kapan baterai iPhone harus diganti atau apakah baterai Anda dapat mendukung kinerja normal.

Saat Anda melihat pesan: “iPhone telah mengalami mati tak terduga karena baterai tidak dapat memberikan daya puncak yang diperlukan…”,

Hal tersebut merupakan tanda yang jelas bahwa masa pakai baterai Anda telah berkurang secara substansial. Pada titik ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengganti baterai.

Jika pesan berbunyi: “Kesehatan baterai Anda menurun secara signifikan…”, meskipun Anda masih menggunakannya, Anda mungkin mengalami masalah kinerja yang signifikan, dan sangat disarankan untuk mengganti baterai.

Kapan Baterai iPhone Harus Diganti

Ingin tahu kapan baterai iPhone harus diganti? Mudah untuk mengetahui nya kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah dibawah ini.

  • Buka Settings > Battery
  • Ketuk Battery Health.
  • Anda akan melihat apa “kapasitas maksimum” baterai Anda, ini adalah ukuran kapasitas baterai Anda relatif terhadap saat baterai masih baru. Semakin tua iPhone Anda, semakin rendah kemungkinan angka ini. Apple menyarankan bahwa “Kapasitas yang lebih rendah dapat menghasilkan jam penggunaan yang lebih sedikit di antara pengisian daya.”
  • Di bawahnya adalah indikasi “Kapasitas Performa Puncak” baterai. Jika baterai iPhone Anda berjalan dengan baik, Anda akan melihat pesan bahwa “Your battery is currently supporting normal peak performance”.
apa yang terjadi jika baterai health iphone rendah
  • Namun, jika iPhone Anda mengalami mati hp yang tidak terduga karena baterai tidak dapat memberikan daya puncak, Manajemen Kinerja mungkin telah diterapkan. Jika demikian, Anda akan melihat pesan bahwa: “This iPhone has experiences an unexpected shutdown because the battery was unable to deliver the necessary peak power. Performance management has been applied to help prevent this from happening again.”
  • Di sebelah pernyataan di atas Anda akan melihat Nonaktifkan. Jika Anda mengetuk opsi, Anda dapat menghentikan kinerja iPhone Anda dari pembatasan, meskipun Anda mungkin mengalami pematian yang tidak terduga saat baterai berada di bawah tekanan.
  • Anda mungkin melihat peringatan tambahan bahwa “Kesehatan baterai Anda menurun drastis. Penyedia Layanan Resmi Apple dapat mengganti baterai untuk memulihkan kinerja dan kapasitas penuh.” Dan tautan ke Selengkapnya tentang opsi layanan.
Baca Juga :  Perbedaan Whatsapp Android dan iPhone

Dengan memeriksa kesehatan baterai kamu kamu akan mengetahui kapan baterai iPhone harus diganti.

Berapa Lama Baterai Normal Bisa Bertahan?

Baterai baru akan memberi Anda dua hingga lima tahun lagi jika Anda merawat ponsel Anda dengan baik.

Performa dan masa pakai baterai terutama bergantung pada siklus pengisian daya, depth of discharge (DoD) atau berapa persen pengurasan baterai, dan suhu.

Siklus pengisian daya adalah jumlah pengisian/pengosongan yang dapat dipertahankan oleh baterai. Baterai iPhone rata-rata biasanya memiliki 500 siklus pengisian penuh.

Namun, angka ini dapat dipengaruhi oleh kedalaman debit dan temperatur. Kedalaman pengosongan baterai mengacu pada jumlah energi yang digunakan oleh telepon.

Semakin banyak daya yang Anda gunakan, semakin pendek masa pakai baterai. Itu sebabnya Anda melihat saran tentang tidak menguras baterai hingga 0%.

Jika Anda sering melakukannya, keseluruhan siklus yang dapat ditangani oleh baterai akan berkurang.

Suhu adalah faktor utama lainnya terkait kinerja dan masa pakai baterai. Baterai lithium-ion mengalami tekanan saat terkena panas .

Ketika itu terjadi secara teratur, tidak butuh waktu lama bagi baterai untuk kehilangan kapasitas secara permanen.

Penutup

Begitulah beberapa penjelasan kapan baterai iPhone harus diganti baru kami juga memberikan beberapa tips agar baterai iPhone anda dapat bertahan lama.

Terimakasih sudah menginjungi kami pada artikel ini, semoga dengan artikel ini dapat mengatasi masalah anda saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *