Pengalaman penolakan adsense
Pengalaman penolakan adsense

Pengalaman Penolakan Adsense Hingga Full Approve (Update)

Diposting pada

Irtekno.com – Hari ini saya tidak berfokus untuk mencari trafik dengan keyword dengan volume pencarian banyak. Tapi saya akan membagikan pengalaman pribadi sehingga diterima adsense.

Kemungkinan artikel saya ini akan tenggelam dengan artikel lain yang membahas tentang masalah Google Adsense. Jika kamu menemukan artikel ini, berarti kamu termasuk orang yang beruntung.

Banyak yang membahas tentang permasalahan penolakan pengajuan adsense. Namun hanya itu-itu saja yang dibahas, maksudnya pembahasan yang disajikan tidak terlalu rinci.

Tapi saya akan mencoba membahas sedalam mungkin menurut pengalaman pribadi yang sudah mengalami penolakan hingga 17 kali.

Pengalaman Penolakan Adsense Hingga Full Approve
Email Penolakan

Dengan penolakan sebanyak itu, saya banyak mendapatkan ilmu yang mungkin orang lain segan untuk diberitahu untuk umum.

Pengalaman ini sangat bernilai tinggi, dengan susah payah mendapatkannya apa kamu berfikir orang lain mau memberikannya secara gratis?

Saya mempunyai prinsip yang berbeda, saya tidak ingin merasa bahagia sendiri. Kebahagian yang saya dapatkan harus juga dirasakan oleh kalian semua, terutama untuk kawan-kawan saya member Websitebos.

Saya akan menceritakan tentang pengalaman pribadi terlebih dahulu, baru nanti saya akan memberikan tips cara mengatasi penolakan adsense.

Semoga dengan pengalaman saya ini, kamu bisa menerapkan di website atau blog yang kamu kelola dan bisa di terima google adsense.

Awal Mula Saya Membuat Website

Saya sudah mengatakan bahwa pengajuan adsense sudah di tolak 17 kali. Kemudian pengajuan yang ke 18 kali baru diterima oleh Google Adsense, kamu perlu tahu bahwa penolakan sebanyak itu membutuhkan waktu 9 bulan.

Saya memulai membuat website pada bulan November 2019 dengan pengalaman seadanya. Saya membuat website dengan niche teknologi. Saya membuat 3 artikel dalam satu minggu rata-rata artikel mempunyai 400 kata.

Pada bulan Desember saya mencoba untuk mendaftar website saya ke google adsense. Kalian pasti tahu hasilnya, Iya, saya ditolak mentah-mentah setelah menunggu 5 hari.

Penolakan Google Adsense

Penolakan itu tidak kasih tahu apa-apa dimana kesalahan di website. Saya cukup runtuh semangat karena pengalaman pertama saya dihiasi dengan surat penolakan.

Namun tidak semudah itu untuk menyerah, saya mencoba mencari informasi dari berbagai sumber. Ternyata dari semua informasi yang di dapatkan tidak ada jawaban yang pasti.

Penolakan dari google adsense cuma memberitahukan bahwa website melanggar kebijakan. Mereka tidak mengatakan dimana kesalahan itu terjadi.

Kemungkinan kamu juga mengalami masalah ini dan menganggap bahwa kamu telah mengikuti semua kebijakannya, Benar kan?

Iya, saya juga merasa begitu pada saat penolakan tersebut. Tapi apalah daya kita bukan siapa-siapa bagi Google Adsense.

Setelah mencoba untuk memperbaiki semua masalahnya, kemudian mencoba untuk mengajukan ulang. Setelah menunggu hampir 2 minggu saya di tolak lagi, rasa-rasanya ingin membanting laptop.

Saya melakukan hal tersebut hingga 12 kali penolakan, bahkan pernah di tolak hanya satu hari peninjauan. Saya belum sempat menghela nafas sudah datang lagi masalah itu lagi. Huuffff

Sebanyak 12 kali penolakan karena tidak sesuai dengan kebijakan Adsense. Saya membaca hingga habis kebijakan adsense dan tidak menemukan kesalahan apapun di website saya.

Saya pada saat itu sudah hampir menyerah karena tidak tahu bagaimana lagi cara memperbaiki agar bisa diterima oleh Google Adsense.

Mencoba Kesempatan Kedua

Entah bagaimana caranya saya waktu itu membeli domain baru yaitu website yang sekarang ini saya gunakan yaitu Irtekno.com. Saya mempunyai harapan besar pada website ini.

Website yang pertama tidak saya gunakan lagi, mencoba untuk membangun ulang website dengan domain yang berbeda dengan harapan tidak melakukan kesalahan yang sama.

Saya membuat website ini tepatnya pada bulan januari 2020. Saya mencoba membuat artikel tentang informasi Smartphone hingga mempunyai 15 artikel.

Karena tidak ingin mengulang kesalahan yang sama saya pun menunggu hingga domain berumur 3 bulan. Setelah itu saya tidak membuat apa-apa selama 2 bulan, jujur saya sangat menyesal melakukan itu.

Ya, Mau bagaimana lagi karena keterbatasan ilmu makanya saya melakukan hal tersebut. Setelah 3 bulan saya mencoba untuk mengelola kembali dengan harapan yang sama yaitu diterima google adsense.

Setelah mempunyai lebih dari 24 artikel saya mencoba untuk mandaftar google adsense. Dan setelah menunggu satu minggu hasilnya keluar dan itu membuat saya deg-degan apakah akan diterima atau tidak.

Saya melihat email dan akun adsense saya, ternyata ditolak lagi. Kalian bisa mengerti kan bagaimana rasanya? Tahu kan! Paling parah lagi penolakannya tetap tidak memenuhi kebijakan Adsense.

Apasih mau lo Google Adsense? Hah! hehehe. Tapi terimakasih sekarang saya sudah diterima. Hei! Kalian yang sedang baca itu iklannya bisa kalian lihat kan. Pasti tau kan maksud saya?

Kembali ke laptop, Saya tidak tahu bagaimana cara mengungkapkan perasaan saat itu, yang pasti saya depresi dan mau menyerah. Ya, itu pasti akan terjadi juga pada kalian jika kalian mengalami hal serupa.

Saya menyerah? Tidak sanggup lagi untuk memperbaiki kesalahan pada website saya. Udah sampai di situ saja ceritanya, saya capek ngetik ini kalau kalian tidak apa-apain iklan yang ehheemmm.

Tenang saja, cerita saya masih sangat panjang kok. Jadi kamu cari kopi dulu gih, dan lanjut lagi membaca.

Menyerah?

Ada kalanya kita harus menyerah untuk bisa terus hidup, Benar ga? Tentu saja tidak! Saya harus tetap berjuang dan mendapatkan apa yang diinginkan.

Pada saat itu saya tidak pernah bisa membayangkan keadaan saya saat ini bisa diterima Google Adsense. Saya hanya meyakinkan diri sendiri bahwa saat-saat itu pasti akan tiba, kamu hanya butuh langkah kecil untuk melakukan perjalanan jauh.

Saya bangkit dari kegagalan saya, mencari informasi dan terus update walaupun satu artikel per minggu.

Kemudian saya menemukan Websitebos yaitu pelatihan untuk membuat website dan dibimbing sampai diterima google adsense. Ini bukan iklan ya, saya tidak mendapatkan apa-apa disini.

Saya merekomendasikan karena saya sudah mengalami sendiri dan banyak ilmu yang saya peroleh dengan menjadi member Websitebos. Materi yang diberikan benar-benar sangat mudah untuk dipahami untuk pemula seperti saya.

Untuk mengikuti pelatihannya kamu bisa mengunjungi situs Websitebos di (https://zonadigital.co.id/websitebos/). Kamu bisa melihat-lihat dulu materi dan beberapa hasil karya member Websitebos.

Kita lanjut lagi, setelah saya mengikuti pelatihan tersebut ilmu makin bertambah. Saya mencoba melanjutkan kembali mengelola website yang sudah lama saya tinggali.

Tepatnya pada bulan Mei 2020 saya membuat artikel hampir setiap hari. Setelah 2 bulan saya membuat artikel sebanyak 70 artikel minimal 1000 kata.

Pengajuan Ulang Google Adsense Ke Sekian Kali

Setelah merasa saya layak untuk diterima Google Adsense dan mencoba kembali mengajukan ulang. Saya hanya menunggu 3 hari dan langsung mendapatkan balasan surat cinta dari Adsense.

Alhamdulillah! Pada saat membacanya pemberitahuannya saya pun sangat terkejut, saya ditolak lagi. Hancur sudah harapan selama ini, pikiran negatif terus bermunculan dikepala saya.

Namun, penolakan kali ini mendapatkan titik terang. Google adsense memberitahu alasan kenapa website saya bisa ditolak.

Dengan alasan tersebut pula saya sedikit bersemangat untuk memperbaikinya. Berikut hasil screenshot pemberitahuan dari google adsense.

Pengalaman Penolakan Adsense Hingga Full Approve
Penolakan Adsense

Setelah 5 hari saya memperbaiki kesalahan di website saya, tepatnya pada hari sabtu, 25 Juli 2020 saya mengajukan peninjauan ulang lagi.

Akhirnya usaha selama ini dibalas dengan surat cinta paling indah di dunia, saya diterima untuk menampilkan iklan dari Google Adsense. Hari itu saya merasa orang yang paling bahagia melebihi dari diterima cinta oleh Doi.

Rasanya semua rintangan dan kesulitan selama ini terbayar sudah karena balasan email ini. Berikut ini email balasan dari google adsense.

Pengalaman Penolakan Adsense Hingga Full Approve
Email Diterima Adsense

Nah, sampai disinilah berakhir cerita saya bagaimana berjuang untuk di terima google adsense. Bagi kalian yang masih berjuang diluar sana, semoga bisa termotivasi untuk terus berusaha.

Jangan pernah melihat orang lain yang cepat diterima oleh Google Adsense. Keberuntungan setiap orang itu berbeda-beda, ada yang satu bulan sudah diterima dan ada pula yang berbulan-bulan baru diterima contohnya seperti saya ini.

Setiap usaha pasti ada hasilnya, jika belum berhasil usaha kamu belum cukup. Jadi terus berusaha sampai hasilnya kamu dapatkan.

Walaupun saya sudah diterima oleh Google Adsense, saya tetap masih terus belajar hal-hal baru. Jadi cerita saya masih belum sepenuhnya selesai, tunggu saja nanti saya juga akan membagikan pengalaman lain dikemudian hari.

Jenis Penolakan yang Saya Alami dan Cara Mengatasinya

Saya tidak hanya memberikan kisah perjuangan selama ini sampai diterima Google Adsense. Saya juga akan memberikan solusi dari masalah yang pernah dialami.

Penolakan Adsense sebenarnya sangat banyak mulai dari melanggar kebijakan, perilaku tidak jujur, konten tidak memadai, tidak dapat ditinjau, masalah navigasi, akun terkait, dan lain-lain.

Banyak sekali penolakan dengan alasan berbeda-beda dari setiap pengguna. Namun saya tidak bisa membahas itu semua, saya akan membahas sebagaimana yang telah saya alami sendiri.

Nah, penasaran kan? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Situs Tidak Sesuai dengan Kebijakan Google Adsense

Penolakan sejuta umat dan tidak ada cara untuk mengatasinya. Seperti pengalaman saya bahas sebelumnya. Penolakan seperti inilah yang tidak pernah kita tahu cara mengatasinya.

Kita merasa bahwa kita sudah memenuhi kebijakan, tapi bagi google sendiri menganggap kita belum layak untuk menampilkan iklan.

Menurut pengalaman saya, ini cuma alasan google untuk menolak situs kita dengan alasan praktis. Seperti umur website kita terlalu muda, tidak konsisten, dan trafik website kita masih belum stabil.

Jika kamu sudah ditolak dengan alasan tersebut saya menyarankan untuk tidak mengajukan ulang dalam waktu dekat. Website kamu memang belum memenuhi kriteria Google Adsense.

Kamu bisa mengikuti cara yang saya berikan berikut ini.

  • Konsisten terus membuat artikel setiap hari jangan pernah absen setidaknya 1 bulan terakhir sebelum pengajuan. Kalau bisa buat 2 atau 3 artikel perhari, ini lebih bagus.
  • Tunggu umur domain minimal 3 bulan, lebih dari itu semakin bagus.
  • Jangan pernah membuat artikel tentang apa saja yang dilarang oleh Google adsense. Contohnya seperti Perjudian, Hacker, dan melanggar kebijakan pihak lain.
  • Jangan pernah ajukan kembali karena itu akan sia-sia. Mantapkan dulu website kamu selama 1 bulan baru ajukan kembali.
  • Note: Ini pengalaman pribadi, jika tidak bisa bersabar mending tidak usah lanjut membaca.

Hanya itu saja yang perlu kamu lakukan, namun tidak semudah yang kamu bayangkan. Kamu harus benar-benar konsisten untuk mengelola website kamu.

2. Memfalisitasi Perilaku Tidak Jujur

Pada saat pengajuan ulang dan kamu mendapatkan alasan maka kemungkinan besar akan diterima Google Adsense. Kamu hanya perlu untuk memperbaiki masalah yang ada di website.

Contohnya seperti saya, Penolakan ini merupakan penolakan yang bermasalah pada konten. Setelah saya memperbaiki masalah pada konten saya dan melakukan pengajuan ulang langsung diterima oleh Google Adsense.

Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa langsung ikuti arahan saya berikut ini.

  • Kamu tidak boleh membahas tentang konten yang dilarang, seperti menyediakan jasa buat dokumen palsu, perjudian, dan lain-lain.
  • Kamu tidak boleh mengarahkan user ke website yang dilarang oleh Google Adsense, perbaiki link eksternal kamu.

Untuk masalah ini sangat mudah untuk diperbaiki. kamu juga bisa bertanya pada forum seperti grup facebook dan lain-lain. Mereka siap membantu dan banyak juga yang sudah berpengalaman.

3. Inventaris Berharga : Sedang Dibuat

Penolakan ini saya terima pada saat mengajukan blog baru yang saya buat. Poin ini saya update pada tanggal 06 Oktober 2020, dengan begitu jika kamu memiliki permasalahan yang sama bisa langsung diterapkan.

Penolakan ini juga sangat sering dialami oleh bloger pada saat mengajukan ke adsense. Lalu bagaimana saya mengatasi hal ini?

Terlebih dahulu kita pahami masalah ini, seperti yang telah diberitahukan oleh Adsense bahwa kemungkinan pada blog kamu mempunyai iklan lain selain google, konten duplikat, halaman Error, atau blog masih dalam pembuatan.

Untuk mengetahui masalah lainnya silakan kunjungi halaman support Google Adsense berikut ini : Inventaris Berharga : Sedang Dibuat.

Pengalaman saya untuk mengatasi hal ini adalam memeriksa beberapa halaman eror, atau jika kamu pengguna bloger tidak boleh ada halaman kosong seperti (#).

Silakan isi hal tersebut dengan url halaman yang telah kamu buat, ini sering terjadi bagi yang sudah mengganti Themplat.

Saya juga menambah Menu dengan Kategori atau Label yang sesuai agar navigasi web bisa dengan mudah dijelajahi oleh pengguna.

Setelah menunggu 1 hari pengajuan ulang saya langsung mendapatkan email bahwa adsense saya diterima.

Kunci Diterima Adsense

Penolakan 17 kali memberikan ilmu baru kepada saya sehingga artikel ini muncul untuk memberikan solusi kepada kalian. Semoga dengan artikel ini dapat membantu dan memotivasi kamu untuk terus berjuang.

Menurut pengalaman saya selama itu saya menyimpulkan kunci untuk diterima Google Adsense adalah konsisten. Terdengar mudah namun sangat sulit untuk dilakukan.

Dibalik konsisten kamu juga harus melakukan hal lain seperti membuat artikel yang berkualias, belajar SEO, dan tentunya mematuhi kebijakan. Ini wajib kamu ketahui agar bisa diterima oleh Google adsense.

Setidaknya kamu membuat satu artikel dalam satu hari atau kamu bisa membuat selang satu hari. Namun bukan berarti yang buat satu artikel dalam satu minggu itu tidak akan diterima.

Membuat satu artikel dalam seminggu tapi berkualitas lebih baik dari pada membuat setiap hari tapi abal-abal.

Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Mendaftar Google Adsense

Ada banyak sekali pertanyaan yang sering ditanyakan pada forum di internet tentang ketentuan bisa diterima oleh Google Adsense. Sebenarnya ini rahasia dapur google, tidak ada yang tahu kepastiannya bagaimana.

Saya akan membahasnya menurut pengalaman saya pribadi dan beberapa pendapat bloger profesional. Lansung saja, berikut pertanyaan dan jawaban yang sering muncul.

Berapakah Minimal Trafik Agar Bisa Diterima Adsense?

Ada selisih pendapat dalam menanggapi pertanyaan ini. Tapi dari pengalaman saya trafik tidaklah mempengaruhi penolakan google adsense. Namun banyak orang bilang bahwa minimal harus ada 100 view dalam satu hari.

Sebenarnya pendapat itu tidak salah, jika trafik kalian banyak maka akan semakin bagus dan mempunyai kemungkinan besar untuk diterima google adsense.

Namun, banyak juga diluar sana yang masih puluhan viewernya tapi diterima adsense. Saya sendiri pada saat diterima adsense viewer per hari rata-rata 70 bahkan ada dalam satu hari cuma 15 view.

Maka dari itu jawaban dari saya adalah trafik tidak akan mempengaruhi penolakan Google Adsense.

Berapa Umur domain?

Umur domain yang ideal untuk mendaftar adsense kira-kira tiga bulan, tapi tidak menutup kemungkinan dalam satu bulan juga bisa diterima. Jika memang kamu bisa konsisten membuat artikel setiap hari kamu bisa mencobanya di bulan pertama.

Jika kamu beruntung kamu akan diterima oleh google adsense. Namun jika kamu tidak teratur dalam membuat konten maka jangan coba-coba untuk mendaftar pasti akan ditolak oleh google.

Sebenarnya ada batasan umur domain untuk menampilkan iklan diwebsite dan itu berlaku untuk beberapa negara seperti China dan India yang mengharuskan umur domain 6 bulan.

Apakah di Indonesia ada batasan umur? Sampai sekarang belum ada informasi batasan umur di Indonesia. Jadi, bisa disimpulkan kamu akan diterima jika sudah layak dan sesuai dengan kriteria Google Adsense.

Berapa jumlah Artikel Pada Saat Mendaftar Adsense?

Saya sudah mengatakan setidaknya kamu harus rutin membuat artikel untuk satu bulan terakhir sebelum kamu mengajukan lamaran untuk adsense.

Minimal kamu mempunyai 30 artikel baru mendaftar Google Adsense. Namun ini bukan lah peraturan dari adsense tapi saya melihat dengan 30 artikel maka peluang diterima lebih besar.

Apakah Tema Website Berpengaruh?

Saya tidak berani mengatakan tidak ada pengaruhnya. Karena banyak juga tema yang belum responsif sehingga dapat menganggu pembaca. Jadi, tidak masalah jika kamu menggunakan tema gratisan tapi responsif.

Saya juga menggunakan tema Generatepress pada saat mendaftar adsense dan diterima. Jadi, tema gratis atau berbayar tidak ada pengaruhnya yang terpenting tema yang kamu gunakan itu responsif.

Saya Sudah Ditolak Beberapa Kali Apakah Masih Bisa Diterima?

Tentu saja akan diterima, kamu hanya perlu mengikuti kebijakan dari adsense. Walaupun begitu sebaiknya perbaiki hingga benar-benar selesai, dan berikan waktu minimal 3 hari sebelum mengajukan ulang.

Gunanya agar google tidak merasa di buat spam dengan situs kita tanpa perbaikan. Seperti pengalaman saya sering mengajukan sehingga dalam satu hari sudah dapat balasan di tolak.

Jika kamu di tolak karena tidak mematuhi kebijakan, sebaiknya kamu mengikuti arahan yang telah saya sampaikan sebelumnya.

Kenapa Ditolak dengan Alasan Terkait Merebaknya COVID-19?

Pemeriksaan website kita dilakukan secara manual oleh staf Google, karena lagi masa PSBB mereka tidak bisa meninjau situs kamu.

Sebaiknya menggunakan Add Site untuk mengajukan pendaftaran, Saya juga melakukan ini dan masih bisa ditinjau oleh pihak Google. Kemungkinan untuk pengguna lama menjadi pengecualian untuk masalah ini.

Penutup

Nah, sampai disini sudah selesai pembahasan kita tentang Pengalaman Penolakan Adsense Hingga Full Approve? Semoga dengan pengalaman saya ini dapat membuka pikiran kamu untuk terus berjuang hingga kamu diterima oleh google Adsense

Silahkan kunjungi artikel menarik lainnya di Irtekno.com.

BACA JUGA :

Terimakasih sudah berkenan membaca artikel saya, jika ada kesalahan dalam penyampaian informasi harap di komentar pada bagian bawah ini.

Irtekno.com adalah sebuah website yang menyajikan informasi seputar teknologi tentang Informasi Smartphone, Review, Game, Film, dan Tips manarik lainnya.